Cara Mengatasi Browser Chrome Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Browser Chrome Tidak Bisa Dibuka di Android

Google Chrome merupakan browser atau peramban yang tersedia untuk berbagai perangkat, baik di komputer atau di ponsel. Tak hanya mudah untuk digunakan, Chrome juga ringan saat dipakai untuk melakukan browsing di segala situs web.

Pada umumnya Chrome telah terpasang oleh sistem di ponsel Android sehingga pengguna tidak perlu lagi mengunduhnya. Penggunaan browsing yang berlebihan juga dapat mengakibatkan Chrome menjadi lambat, atau bahkan tak bisa dibuka sekalipun.

Jika browser Chrome yang kamu pakai tidak bisa dibuka, entah itu force close secara tiba-tiba atau muncul pesan kesalahan (sayangnya, chrome telah berhenti), itu berarti terdapat malfungsi pada browser tersebut, tapi kamu tak perlu khawatir karena masalah ini masih bisa diatasi.

Solusi Chrome Tidak Bisa Dibuka pada Android

Ada berbagai penyebab mengapa Google Chrome di Android tak bisa dibuka, salah satu yang paling sering adalah data yang menumpuk. Tapi untuk kejadian tersebut rata-rata hanya dialami pada ponsel dengan kapasitas memori rendah. Selengkapnya silakan simak dan ikuti beberapa solusinya dibawah ini.

1. Hapus Data Aplikasi Google Chrome

Terlalu sering melakukan browsing dapat mengakibatkan data menumpuk pada aplikasi. Data tersebut antara lain adalah cache, cookies, teks form dan sebagainya. Tapi dengan menghapus data tersebut, pastinya Google Chrome akan dapat dibuka kembali dengan normal.

Berikut ini tata cara menghapus data di Google Chrome Android:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Kemudian ketuk pada aplikasi Google Chrome.
  4. Lalu ketuk pada tombol Atur Penyimpanan di sebelah opsi hapus cache.
  5. Setelah itu lanjutkan ketuk tombol Hapus Semua Data.
  6. Jika muncul peringatan, silakan pilih Ya.

Menghapus data aplikasi tidak akan berpengaruh terhadap akun sosial kamu di internet, jadi tak perlu ragu untuk melakukannya. Dan untuk mencegah hal ini terjadi lagi, lakukan penghapusan cache setidaknya seminggu sekali. Itu bisa dilakukan melalui Setelan Browser Chrome atau bahkan menggunakan aplikasi semacam Clean Master atau Ccleaner.

2. Perbarui Versi Google Chrome

Menggunakan versi Google Chrome yang terbaru, memungkinkan browser tersebut terhindar dari suatu kesalahan, termasuk kendala tak bisa dibuka. Karena setiap pembaruan selalu menghadirkan pengoptimalan terhadap aplikasi dan juga kestabilan untuk perangkat kamu.

Pastikan pula untuk memperbarui melalui Play Store supaya mendapatkan versi yang paling stabil untuk ponsel yang kamu gunakan.

3. Instal Ulang Google Chrome

Cara terakhir adalah memasang ulang aplikasi Google Chrome. Jadi silakan uninstall terlebih dahulu dan kemudian pasang kembali melalui Play Store. Kemungkinan masalahnya terdapat pada aplikasi Google Chrome itu sendiri yang mengalami galat, sehingga cara terbaik adalah menginstal ulang.

Di beberapa ponsel mungkin tak bisa menghapus secara penuh aplikasi Google Chrome karena terpasang oleh sistem. Jadi silakan copot pembaruan terlebih dahulu dan kemudian silakan hapus data dan setelah itu perbarui melalui Play Store.


Baca juga: Cara Memasang Ekstensi Chrome di Microsoft Edge

Chrome sangat penting untuk digunakan dalam membuka website di internet, dan penyebab satu-satunya aplikasi Chrome tak dapat dibuka adalah terjadi galat terhadap aplikasi tersebut, baik itu dari sisi data ataupun aplikasi, namun semua itu bisa diatasi dengan sedikit solusi diatas.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau barangkali tambahan lain mengenai solusi diatas, silakan tuliskan itu di kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.