Ini Dia Ekstensi Autentikasi Dua Faktor untuk Browser

Siapa yang tidak cemas ketika kehilangan suatu akun? Tentunya sangat mengkhawatirkan, terutama jika akun tersebut penting seperti email, media sosial, atau akun lainnya yang berisi data pribadi. Salah satu cara untuk meningkatkan akun, yakni dengan menggunakan autentikasi dua faktor.

Mengenai autentikasi dua faktor, mungkin kamu sudah pernah mengetahui sebelumnya. Namun, bagi yang belum familiar, autentikasi dua faktor atau biasa disingkat 2FA adalah metode keamanan tambahan yang memerlukan verifikasi dua langkah sebelum dapat mengakses akun. Jadi selain memasukkan kata sandi, kamu juga perlu memasukkan kode unik yang terdapat pada perangkat. Ini adalah cara yang sangat efektif dalam meningkatkan keamanan akunmu.

Tahukah kamu bahwa terdapat metode autentikasi dua faktor yang lebih praktis selain menggunakan aplikasi di ponsel? Metode ini menggunakan ekstensi atau pengaya pada browser. Dan pastinya ini lebih disarankan untuk penggunaan pada perangkat desktop, seperti laptop karena tidak memerlukan ponsel lagi ketika ingin masuk ke suatu akun.

Memasang Ekstensi Autentikasi Dua Faktor di Browser

Nama dari ekstensinya adalah Authenticator dan saat ini mendukung untuk kebanyakan browser populer seperti Google Chrome, Firefox, dan seluruh browser dari keluarga Chromium seperti Opera, Edge, Brave dan sebagainya.

Berikut ini link untuk memasang ekstensi ini:

Authenticator untuk Google Chrome dan Chromium (via Webstore)
Authenticator untuk Mozilla Firefox (via Mozilla Addons)

Untuk pengguna browser Chrome dan Chromium, silakan klik tombol Add to Chrome pada halaman tersebut untuk mulai memasangnya. Begitupula untuk pengguna browser Firefox, silakan klik tombol Add to Firefox pada halaman tersebut untuk memasangnya.

Hingga pada akhirnya ekstensi telah terpasang, maka ikon Authenticator akan muncul di bagian kanan atas.

Menggunakan Ekstensi Authenticator

Penggunaan ekstensi ini relatif mudah dan sederhana. Jika umumnya penggunaan autentikasi dua faktor pada ponsel melibatkan kamera untuk melakukan scan QR-Code, namun pada browser hanya perlu melakukan crop gambar pada halaman yang berisi QR-Code. Berikut ini cara lengkapnya:

  1. Klik pada ikon ekstensi Authenticator.

    Klik Ekstensi Authenticator

  2. Klik pada opsi Scan QR Code seperti gambar berikut ini.

    Klik Opsi Scan

  3. Setelah itu crop gambar QR-Code pada layar untuk mendaftarkannya.
  4. Apabila sudah terdaftar, kini kode autentikasi dua faktor akan tampil.

    Kode Autentikasi di Ekstensi

Cukup mudah bukan? Tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukannya. Bahkan mendapakan kode unik untuk masuk ke akun bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus membuka ponsel lagi.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di Facebook

Ekstensi Authenticator Merupakan Proyek Open Source

Salah satu kelebihan lainnya dari ekstensi ini adalah kodenya terbuka, jadi tidak ada yang disembunyikan dan 100% dipastikan aman untuk digunakan. Sama halnya dengan aplikasi populer Google Authenticator yang juga merupakan proyek open source.

Untuk itulah mengapa saya membagikan ekstensi ini, karena selain aman, juga mudah dalam penggunaan. Apalagi terdapat fitur untuk melakukan backup secara keseluruhan yang nantinya dapat dipindahkan ke aplikasi authenticator lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *