≡ Menu

Cara Mengaktifkan Teks Tebal di Android

Seluruh ponsel pasti memiliki fitur untuk mengatur ukuran teks dan setiap orang memiliki selera tersendiri dalam menyetel ukuran tersebut. Ada yang lebih suka ukuran yang besar, atau justru yang kecil. Tapi sudah tahukah kamu bahwa juga ada fitur untuk membuat teks tersebut menjadi tebal?

Sebagian orang merasa teks tebal lebih bagus untuk tampilan ponsel karena teks dapat terlihat dengan jelas. Tentunya ini berbeda dengan ukuran teks yang besar, dan lebih berpengaruh kepada font atau gaya tulisan yang sedang digunakan.

Berikut ini perbedaan antara font normal dan tebal:

Android Teks Normal

Teks Normal

Android Teks Tebal

Teks Tebal

Tutorial Mengaktifkan Teks Tebal pada Android

Untuk mengaktifkan teks tebal pada ponsel Android, itu tersedia dibagian Pengaturan Tampilan. Namun beberapa ponsel juga memiliki menu yang berbeda-beda, tapi pastinya fitur teks tebal ini selalu ada.

Langsung saja silakan simak cara mengaktifkannya dibawah ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Tampilan.

    Ketuk Menu Tampilan

  3. Kemudian ketuk menu Gaya dan Ukuran Font.

    Mulai Mengubah Font Android

  4. Lalu aktifkan pada Font Tebal.

    Mengaktifkan Teks Tebal di Android

Setelah berhasil mengaktifkannya, kini kamu bisa langsung melihat perbedaan terhadap teks pada layar. Pasti kini tulisan akan menjadi lebih tebal dari sebelumnya. Atau jika ingin memastikannya, silakan lihat hasilnya ketika mematikan dan kemudian menghidupkan kembali terhadap fitur teks tebal.

Baca juga: Cara Mengetahui Nama Font pada Gambar

Solusi Teks Tebal Android Tidak Bisa Diaktifkan

Kadang hal ini disebabkan akibat font atau gaya tulisan yang sedang digunakan tidak mendukung terhadap teks tebal. Namun apabila kamu menggunakan font bawaan ponsel, maka sangat dipastikan teks tebal akan berfungsi sepenuhnya.

Jadi apabila saat ini kamu memakai font eksternal, kemungkinan font tersebut hanya mendukung jenis reguler saja sehingga opsi untuk mengaktifkan teks tebal tidak bisa diaktifkan.

Cobalah untuk mengunduh font melalui aplikasi store masing-masing ponselnya, biasanya segala font yang tersedia disana mendukung teks tebal, berbeda jika mengubahnya melalui aplikasi sejenis iFont, dan sebagainya memungkinkan hanya mendukung tipe/jenis teks reguler saja.

Dan sebagai tambahan, bahwa font yang telah diatur pada pengaturan Android mungkin tidak bisa dipakai pada semua aplikasi. Hal tersebut karena suatu aplikasi kadang menggunakan jenis font-nya sendiri. Sehingga font pada ponsel tidak berpengaruh pada aplikasi tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap