≡ Menu

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Samsung

Pada ponsel Samsung, tepatnya yang telah menggunakan One UI, pastinya tidak akan kecewa terhadap fitur-fitur yang disediakan didalamnya. Pasalnya terdapat banyak sekali fitur tersembunyi yang memiliki kegunaan yang terbilang cukup penting.

Contohnya adalah menyembunyikan aplikasi supaya tidak muncul pada menu. Fitur ini tidak bisa langsung digunakan layaknya pada launcher kebanyakan. Karena fiturnya terdapat pada setelan layar depan, yang berada di pengaturan.

Saat artikel ini dibuat, ponsel Samsung yang digunakan untuk menerapkan cara ini adalah menggunakan One UI versi 2.1. Selain dari itu memungkinan terdapat perbedaan tampilan dan menu.

Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Samsung

Tak perlu banyak kata-kata lagi, berikut ini tata cara menyembunyikan suatu aplikasi pada ponsel Samsung:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Tampilan.

    Ketuk Menu Tampilan

  3. Kemudian ketuk menu Layar Depan.

    Ketuk Menu Layar Depan

  4. Gulir kebawah dan ketuk menu Sembunyikan Aplikasi.

    Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Samsung

  5. Sekarang pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.

    Memilih Aplikasi untuk Disembunyikan

  6. Dan ketuk opsi Selesai untuk menerapkannya.

    Ketuk opsi Selesai

Setelah mengikuti langkah diatas, kini aplikasi yang telah dipilih tadi tidak akan dimunculkan pada menu aplikasi. Jadi kamu takkan bisa membuka aplikasi itu tanpa membuatnya muncul kembali. Atau alternatifnya adalah membukanya melalui pengaturan aplikasi.

Fitur untuk menyembunyikan aplikasi di Samsung menurut saya kurang maksimal. Mengingat tidak adanya keamanan khusus yang mampu membuat hanya pemilik ponsel saja yang dapat mengelola aplikasi yang disembunyikan. Namun siapa tahu fitur ini dimaksimalkan pada One UI versi mendatang.

Baca juga: Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di Android

Kesimpulan

Menyembunyikan aplikasi kini bisa diterapkan pada kebanyakan ponsel Samsung tanpa harus memasang launcher tambahan. Dan sehubungan peletakan fitur ini berada jauh di setelan Layar Depan, hal inilah yang membuat beberapa pengguna tidak menemukan fiturnya.

Yang pasti, fitur ini sangatlah penting untuk menyembunyikan suatu aplikasi sensitif ketika ponsel dipinjam oleh teman atau anaknya. Sebagai contohnya aplikasi dokumen, chat, dan sebagainya.

Apabila kamu memiliki kendala terkait tutorial diatas, jangan ragu untuk mengatakannya di kolom komentar untuk mendapatkan jawaban atau solusi secepat mungkin.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap