Trik Menyembunyikan File atau Folder di PC

Menyembunyikan file atau folder merupakan salah satu cara untuk melindungi privasi setiap orang. Beberapa file memang patut untuk dilindungi demi kepentingan pribadi, contohnya seperti dokumen yang berisi hal-hal penting di dalamnya.

Walau pada dasarnya sebuah komputer atau laptop lebih sering digunakan secara pribadi, namun akan selalu ada yang bisa mengaksesnya suatu saat, salah satunya seperti teman atau saudara yang meminjam perangkat tersebut.

Maka dari itu, dengan menyembunyikan file atau folder yang sekiranya sensitif, dapat membantu kamu untuk mengamankan lebih baik terhadap berkas-berkas tersebut supaya tidak sampai dilihat orang lain.

Cara Menyembunyikan File atau Folder di PC

Pada dasarnya saat ini ada banyak sekali folder dan file tersembunyi yang telah diterapkan oleh sistem Windows, hanya saja sebagian orang tak menyadarinya. Contoh kecilnya adalah folder programdata yang berada pada drive C yang bertujuan untuk menyimpan data-data terhadap aplikasi atau program.

Kamu juga bisa membuat sendiri folder tersembunyi seperti itu, atau hanya sekedar menyembunyikan suatu file saja, alias tanpa foldernya. Dan berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan pada file atau folder yang ingin disembunyikan dan klik Properties.

    Klik Opsi Properties

  3. Setelah itu pada bagian Attributes, silakan centang opsi Hidden.

    Menyembunyikan File atau Folder di Windows

  4. Kemudian klik tombol Apply dan OK untuk menerapkan.
  5. Selesai, kini file atau folder tersebut berhasil disembunyikan.

Oh iya, jika kamu menerapkannya untuk folder, maka setelah menekan tombol apply akan muncul dialog tambahan, silakan pilih opsi Apply changes to this folder, subfolders and files. Dan setelah itu klik tombol Ok.

Kini folder atau file tersebut tidak akan muncul lagi saat diakses di Windows Explorer, jadi siapapun tidak akan dapat langsung untuk membuka file itu kecuali dia tahu cara menampilkan file yang tersembunyi.

Menampilkan File atau Folder yang Tersembunyi pada PC

Apabila kamu ingin mengakses file yang tersembunyi saat ini, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengubah setelan pada opsi folder.

Jadi silakan buka Windows Search dan ketik Folder Options, lalu ENTER. Setelah itu menuju bagian View, dan skroll kebawah sampai pada opsi Hidden files and folders, silakan pilih sebagai Show hidden files, folders, and drives.

Menampilkan File atau Folder yang Tersembunyi

Setelah menerapkannya, kini seluruh file atau folder yang tersembunyi pada PC akan tampil. Biasanya Windows menandai ikon file atau folder sedikit gelap, yang menandakan bahwa berkas tersebut disembunyikan.

Jika kamu ingin mengubah setelan privasi pada file atau folder supaya bisa muncul dengan normal lagi, silakan lakukan hal yang sama seperti tutorial diatas tadi, tapi pada bagian Attributes silakan hilangkan centang pada opsi Hidden.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Samsung

Kesimpulan

Windows menyediakan opsi untuk menyembunyikan file atau folder dengan mudah tanpa harus memasang program lain. Fungsional ini nyaris sama seperti perubahan chmod atau perizinan berkas yang berada di sistem operasi Linux, hanya saja di Windows disebut sebagai attribute.

Cara diatas 100% aman untuk dilakukan, tapi kurang maksimal apabila digunakan untuk melindungi file yang sangat sensitif, misalnya berkas berisi informasi username dan password sosial media.

Jika ingin menyembunyikan file yang super sensitif, saya lebih menyarankan untuk mengarsipkannya dengan format RAR dan memberi password yang rumit. Dengan begitu takkan ada orang lain yang bisa mengakses file tersebut, karena hanya kamu saja yang mengetahui passwordnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.