≡ Menu

Cara Mengaktifkan CoolBoost di Laptop Acer

CoolBoost adalah fitur yang tersedia untuk sebagian laptop Acer, yang memungkinkan sistem fan dapat bekerja lebih cepat lagi untuk membuat perangkat tidak sampai overheat. Sayangnya untuk laptop Acer kelas rendah, kemungkinan fitur ini tidak tersedia.

Kegunaan CoolBoost sendiri sangat terasa ketika laptop digunakan untuk melakukan hal-hal berat, semacam bermain game, atau melakukan render. Jadi kipas didalam akan berputar lebih kencang supaya suhu tetap aman.

Kamu dapat mengecek terlebih dahulu apakah seri laptopnya mendukung fitur CoolBoost ini. Atau langsung bertanya ke layanan support Acer melalui website atau sosial media. Dan apabila memang mendukungnya, maka silakan lanjutkan menyimak artikel ini untuk mengaktifkannya.

Mengaktifkan Fitur CoolBoost di Laptop Acer

Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan program Acer Quick Access telah terpasang. Jika sekiranya belum ada, silakan unduh melalui situs web Acer sesuai tipe laptopnya. Jika program tersebut telah terpasang, silakan ikuti sedikit langkah berikut ini untuk mengaktifkannya.

  1. Buka program Acer Quick Access.

    Buka program Acer Quick Access

  2. Kemudian aktifkan pada opsi CoolBoost.

    Mengaktifkan CoolBoost

  3. Tunggu sekejap sampai proses loading selesai.

    Proses Menghidupkan CoolBoost

  4. Kini CoolBoost telah aktif.

    CoolBoost Berhasil Diaktifkan

Setelah CoolBoost berhasil aktif, kini kamu bisa menggunakan laptop untuk bermain game tanpa takut overheat. Oh iya sebagai tambahan lagi, di laptop gaming seperti Predator, kamu juga bisa mengaktifkannya langsung melalui program Predator Sense.

Baca juga: Solusi Nitro Sense Tidak Bisa Dibuka (Blink)

Mengetahui Perbedaan Setelah Mengaktifkan CoolBoost

Silakan gunakan program yang dapat melihat suhu komputer secara detail. Di Predator Sense juga bisa untuk mengeceknya, namun Saya tidak menjamin itu cocok untuk semua seri Acer. Tapi perbedaan yang bisa kamu rasakan juga bisa dilihat dari cara kipas berputar.

Biasanya bunyi kipas akan lebih keras dari sebelumnya, dan kamu tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena kegunaan CoolBoost memang begitu. Tapi apabila sekiranya laptop kamu tidak merasakan perbedaan setelah mengaktifkan CoolBoost, kemungkinan besar terdapat driver yang lupa tidak dipasang.

Kesimpulan

CoolBoost pada dasarnya hanya akan mengefek sedikit terhadap penurunan suhu. Kurang lebihnya hanya sekitar 3 sampai 5 derajat saja. Namun itu hanya dari pengalaman saya saja. Sedangkan ketika laptop tidak digunakan untuk melakukan hal berat, Saya rasa fitur ini tidak perlu untuk dihidupkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap