≡ Menu

Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di Android

Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di Android

Mengizinkan akses lokasi pada suatu aplikasi yang kurang terpercaya sama saja seperti membagikan lokasi kamu saat ini kepada orang yang tak dikenal. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk mengontrol aplikasi apa saja yang bisa memantau lokasi ponsel kamu. Karena bagaimanapun juga, lokasi adalah privasi yang seharusnya dilindungi.

Lalu apakah bisa mengontrol aplikasi mana saja yang menggunakan perizinan lokasi di Android? Tentu saja bisa, akan tetapi tidak semua OS Android. Namun hanya bisa dilakukan mulai dari Android versi 5.0 (Lollipop) keatas.

Itu karena Android versi KitKat kebawah tidak dapat mengontrol perizinan terhadap suatu aplikasi. Jadi hanya dapat mengeceknya saja. Kecuali jika ponselnya sudah dalam status ROOT, maka itu bisa diakali dengan aplikasi bernama XPrivacy.

Cara Mematikan Lokasi pada Aplikasi Tertentu

Bagi pengguna ponsel Android Lolipop keatas, cara dibawah ini bisa kamu terapkan tanpa perlu akses root dan tidak pula membutuhkan aplikasi tambahan lainnya. Karena fitur pengelola perizinan aplikasi pada dasarnya sudah disediakan oleh sistem.

Langsung saja, berikut ini cara mematikan akses lokasi pada aplikasi tertentu di Android:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.

    Ketuk Menu Aplikasi

  3. Pilih aplikasi yang ingin dimatikan akses lokasinya.

    Pilih Aplikasi

  4. Gulir kebawah dan ketuk menu Izin atau Perizinan.

    Ketuk Menu Izin

  5. Lalu ketuk menu Lokasi.

    Menonaktifkan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu

  6. Dan atur sebagai Tolak.

    Atur Sebagai Tolak

Kini aplikasi tersebut tidak akan lagi bisa menggunakan fitur Lokasi pada ponsel. Dan kamu bisa mengulangi langkah diatas untuk mengaturnya pada aplikasi yang lainnya.

Sedangkan jika kamu ingin mengaktifkannya lagi, sebenarnya langkah-langkahnya masih sama seperti diatas, dan kamu hanya perlu mengatur dari Tolak menjadi Izinkan.

Cek Aplikasi Apa Saja yang Menggunakan Lokasi

Mencari aplikasi yang menggunakan akses lokasi secara satu-per-satu bukanlah sesuatu yang efektif. Tapi di beberapa ponsel tersedia fitur manajemen perizinan, dimana pengguna dapat melihat seluruh aplikasi dengan perizinan tertentu.

Contohnya di ponsel Samsung (One UI), terdapat fitur Manajer Izin, yang terletak pada bagian menu Privasi. Tetapi jika di ponsel kamu tidak memiliki fitur seperti itu, maka cara lainnya adalah menggunakan bantuan aplikasi bernama Permission Manager.

Silakan unduh dan pasang aplikasi tersebut melalui Play Store. Dan kemudian menuju tab Permissions, lalu menuju bagian Location untuk melihat aplikasi apa saja yang menggunakan perizinan lokasi.

Pada aplikasi tersebut kamu juga bisa langsung menonaktifkan perizinan tersebut, yang mana nantinya kamu akan diarahkan ke pengaturan aplikasi sesuai yang dipilih.

Kesimpulan

Semenjak Android versi 5.0 keatas, suatu aplikasi akan memerlukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap segala perizinan yang dibutuhkan. Dan ketahui juga bahwa beberapa aplikasi mungkin memang membutuhkan perizinan itu untuk bisa membuat aplikasinya bekerja dengan baik.

Contohnya seperti aplikasi GPS, tentunya pengguna diwajibkan untuk mengizinkan akses lokasi supaya dapat menggunakannya. Jadi sebagai saran, cukup nonaktifkan izin lokasi hanya pada aplikasi yang dirasa tidak membutuhkan fitur lokasi tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment