Cara Merapikan Aplikasi di HP Samsung dengan Folder

Cara Merapikan Aplikasi di HP Samsung dengan Folder

Ada banyak cara untuk membuat tampilan ponsel menjadi rapi, itu bisa dimulai dari mengubah wallpaper, pemilihan warna, dan juga ikon terhadap setiap aplikasi. Selain itu pengelompokan aplikasi menggunakan folder juga bisa membuat tampilan ponsel menjadi rapi, sehingga tidak banyak aplikasi yang muncul secara berlebihan pada beranda atau daftar menu.

Pada dasarnya tema default pada kebanyakan ponsel telah mengatur pengelompokan terhadap suatu aplikasi. Misalnya aplikasi produk Google, sehingga segala aplikasi seperti Youtube, GMail, dan sebagainya akan dijadikan pada satu tempat.

Sedangkan jika mengunduh aplikasi lain di Play Store, alhasil aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis masuk pada folder dan terus bertambah pada beranda atau daftar menu. Maka dari itu, bukankah lebih baik untuk mengelompokkan aplikasi-aplikasi semacam itu supaya lebih mudah untuk mengaksesnya?

Membuat Folder untuk Aplikasi di HP Samsung

Tutorial yang akan saya bagikan di sini, sangat khusus dibuat untuk pengguna ponsel Samsung, tepatnya pada One UI. Samsung menyediakan akses untuk memasang tema custom, namun untuk pengelompokan aplikasi menjadi satu folder, hal tersebut harus dilakukan secara mandiri. Dan berikut ini tata caranya:

  1. Pertama-tama silakan tekan lama pada aplikasi tertentu.
  2. Kemudian akan muncul dialog kecil di atasnya, silakan ketuk opsi Pilih Item.

    Ketuk Opsi Pilih Item

  3. Selanjutnya pilih beberapa aplikasi yang ingin dikelompokkan.

    Pilih Aplikasi yang Akan Dikelompokkan

  4. Apabila sudah, silakan ketuk opsi Membuat Folder.

    Membuat Folder untuk Aplikasi di Samsung

  5. Setelah itu beri nama pada folder baru tersebut, dan atur pula warnanya.

    Memberi Nama Folder

  6. Sekarang silakan kembali, dan folder telah berhasil dibuat.

    Folder Telah Berhasil Dibuat

Mulai sekarang, daftar menu aplikasi di ponsel kamu akan terlihat rapi. Dan selain itu, menjangkau aplikasi yang diinginkan akan lebih mudah karena telah terorganisir pada folder yang sesuai. Apalagi terdapat dukungan setelan warna pada folder, hal ini akan membuat desain ponsel kamu terlihat menarik dari sebelumnya.

Mengeluarkan Aplikasi dari Folder

Ketika salah dalam mengelompokkan aplikasi, kamu bisa dengan mudah mengeluarkan aplikasi itu dari folder dengan cara menyeretnya ke atas. Jadi cukup tekan lama pada aplikasinya, sambil diseret ke atas, dan nantinya aplikasi tersebut akan keluar dari folder.

Bahkan cara menyeret ini juga bisa dipakai untuk menambahkan aplikasi yang sekiranya baru diunduh untuk dipindahkan ke dalam folder , jadi cukup seret aplikasinya ke suatu folder dan kemudian aplikasi tersebut akan tersedia di dalam folder.

Tak cuma itu saja, di dalam folder juga bisa mengatur kembali tata letak setiap aplikasi, sehingga kamu bisa memilih misalnya aplikasi yang penting berada di bagian paling atas.

Baca juga: Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Samsung

Akhir Kata

Mengelompokkan aplikasi menjadi satu bisa memudahkan kita untuk mengakses aplikasi yang diinginkan. Dan selain itu juga bisa membuat tampilan ponsel terlihat lebih rapi dan menarik. Serta, pengelompokan aplikasi ini merupakan salah satu cara yang berguna untuk mengorganisir dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan ponsel.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *