≡ Menu

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

Keyboard atau papan ketik yang ada di komputer dan laptop memiliki peranan yang sangat tinggi dalam melakukan banyak hal. Jika sampai itu rusak, pastinya pengguna akan kesulitan ketika memakai komputer, karena tidak bisa lagi mengetik sesuatu pada berbagai aplikasi atau program.

Sebuah keyboard bisa rusak kapan saja, namun untungnya sistem operasi Windows menyediakan fitur untuk menampilkan keyboard pada layar. Sehingga itu bisa kamu pakai dalam keadaan darurat dan dapat menggunakan mouse untuk memilih setiap karakternya.

Windows menamakan fitur virtual keyboard ini sebagai OSK (On-Screen-Keyboard) yang mana telah ada sejak lama. Namun beberapa pengguna mungkin masih kebingungan bagaimana cara mengaktifkan itu tanpa harus menggunakan keyboard lagi, dan hanya memakai mouse saja. Tak usah khawatir, karena artikel ini akan membahas bagaimana mengaktifkan fitur tersebut.

Cara Menampilkan Keyboard pada Layar PC

Ada sekiranya dua cara untuk menampilkan keyboard pada layar tanpa harus memakai keyboard lagi. Jadi kondisi ini lebih dikhususkan bagi perangkat yang tidak memiliki keyboard atau sedang mengalami kerusakan, sehingga hanya bisa memakai mouse saja. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik kanan pada Taskbar.
  2. Kemudian klik opsi Show Touch Keyboard Button.

    Klik Opsi Show Touch Keyboard

  3. Nantinya akan muncul ikon keyboard pada bagian Toolbar.

    Klik Ikon Keyboard

  4. Klik dua kali pada ikon tersebut untuk memunculkan keyboard pada layar.

    Menampilkan Keyboard pada Layar

Pada dasarnya cara diatas menjelaskan tentang mengaktifkan touch keyboard, yang mana fitur ini lebih dicocokkan untuk perangkat layar sentuh. Tapi itu sama halnya seperti OSK, hanya memiliki perbedaan, dimana keyboardnya tidak melayang layaknya OSK.

Mengaktifkan On Screen Keyboard Melalui Pengaturan

Apabila kamu tidak suka dengan fitur touch keyboard karena menutupi halaman cukup lebar dan tidak bisa dipindah-pindahkan, itu berarti yang kamu butuhkan adalah fitur OSK ini. Dan untuk mengaktifkannya pun cukup mudah, langsung saja berikut ini cara lengkapnya:

  1. Klik START dan klik ikon pengaturan.

    Membuka Pengaturan Windows

  2. Lalu klik pada menu Ease of Access.

    Klik Menu Ease of Access

  3. Selanjutnya pilih menu Keyboard.

    Pilih Menu Keyboard

  4. Dan tahap akhir adalah mengaktifkan pada opsi Use the On-Screen-Keyboard.

    Mengaktifkan Fitur On-Screen-Keyboard di Windows

  5. Seketika keyboard akan langsung tampil pada layar.

    Menampilkan Keyboard pada Layar PC

Ketika keyboard telah tampil, jangan sampai menekan tombol close (X) dan cukup di-minimize saja. Karena jika sampai ditutup, kamu harus mengulangi lagi langkah diatas untuk mengaktifkannya ulang.

Baca juga: Cara Mengetes Tombol Keyboard PC Secara Online

Kesimpulan

Antara Touch Keyboard dan On-Screen-Keyboard memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang paling umum digunakan adalah On-Screen-Keyboard karena lebih mudah dalam pengoperasian memakai mouse dan juga ukurannya yang responsive sehingga bisa kamu atur besar kecil tampilannya sesuai kenyamanan.

Sementara itu Touch Keyboard lebih dicocokkan pada perangkat layar sentuh karena kemudahan tombol yang besar sehingga gampang untuk dijangkau. Untuk itu, silakan pilih mana saja sesuai kebutuhan kamu dalam menggunakan keyboard pada layar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap