≡ Menu

Cara Menggunakan Tema Gelap di WhatsApp

Cara Menggunakan Tema Gelap di WhatsApp

Dengan adanya tema gelap, chatting di WhatsApp kini tidak akan silau lagi. Fitur tersebut sebelumnya sudah tersedia di WhatsApp versi beta dan pada akhirnya dirilis pada sekitar bulan februari tahun 2020.

Ketika mengaktifkan tema gelap, segala warna di WhatsApp akan berubah kecuali wallpaper yang diatur pada chat. Dan mungkin kamu perlu mengganti wallpaper tersebut dengan warna yang lebih gelap untuk membuatnya serasi.

Untuk mulai menikmati tema gelap tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan adalah versi terbaru. Untuk mengetahuinya, silakan cek pembaruan di Play Store atau Apps Store. Dan silakan simak tata cara dibawah ini untuk mulai menggunakan tema gelap tersebut.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap pada WhatsApp

  1. Buka WhatsApp.
  2. Ketuk opsi titik tiga dipojok kanan atas.

    Ketuk Opsi Titik Tiga di WhatsApp

  3. Dan pilih Setelan.

    Pilih Setelan

  4. Selanjutnya ketuk menu Chat.

    Ketuk Menu Chat

  5. Lalu ketuk menu Tema.

    Ketuk Menu Tema

  6. Pilih sebagai Gelap dan kemudian tekan OKE.

    Menggunakan Tema Gelap di WhatsApp

  7. Selamat, tema gelap berhasil diaktifkan.

Mulai sekarang tampilan WhatsApp akan menjadi gelap, dan pastinya akan enak dipandang pada saat kondisi cahaya sangat minim, contohnya ketika chatting di malam hari. Untuk mengubahnya ke mode terang langkahnya masih sama seperti diatas.

Baca juga: Begini Cara Download WhatsApp Beta di Android

Mengatasi Opsi Tema Tidak Muncul di WhatsApp

Jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama, maka kemungkinan besar opsi Tema tidak akan muncul, sehingga yang ada hanya opsi Wallpaper saja. Untuk mendapatkan versi terbaru, silakan menuju Play Store atau Apps Store dan kemudian perbarui aplikasi WhatsApp.

Kejadian ini juga bisa saja dialami oleh pengguna Android yang menggunakan aplikasi WhatsApp diluar Play Store (contohnya aplikasi WhatsApp yang telah di-modif). Sehingga takkan mendapat pembaruan aplikasi dari official. Solusi untuk ini, silakan instal ulang aplikasi WhatsApp, dan kali ini pasang melalui Play Store.

Tema gelap di WhatsApp nyaris mirip seperti di Telegram. Tapi perbedaan pada Telegram adalah dapat mengubah lagi warnanya, sementara di WhatsApp tidak memberikan fitur untuk mengubah warna. Tapi semoga saja suatu saat mereka meningkatkan fitur tema ini supaya pengguna dapat memilih warna layaknya di Telegram atau di Messenger.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment