Sticky Notes: Aplikasi Catatan Keren di Windows

Tak hanya Notepad saja aplikasi catatan yang dimiliki oleh Windows, pada dasarnya Microsoft membuat aplikasi selain itu yang memiliki kegunaan yang lebih baik terhadap mencatat sesuatu. Baik dalam mencatat teks, gambar, membuat list, dan lain-lain.

Nama dari aplikasi itu adalah Sticky Notes. Di perangkat Windows 10 keatas, aplikasi tersebut telah terpasang dari bawaaan, jadi tidak perlu lagi mengunduh pada Microsoft Store. Dan tentunya aplikasi ini juag mendukung untuk Windows 10 kebawah.

Yang membuat Sticky Notes lebih baik dari Notepad adalah tampilannya yang minimalis dan nyaman ketika dilihat. Mendukung untuk tema gelap dan memiliki fitur untuk memilih warna pada setiap catatan. Jadi segala catatan bisa kamu kategorikan berdasarkan warna.

Memasang Microsoft Sticky Notes

Jika saat ini kamu menggunakan Windows 10 atau Windows 11, silakan coba ketik “Sticky Notes” melalui Pencarian Windows, karena siapa tahu aplikasi tersebut memang telah terpasang dari bawaan.

Sedangkan jika belum ada, kamu dapat memasang aplikasi ini melalui halaman Microsoft Store. Dan aplikasi ini dapat digunakan mulai dari Windows 7 keatas. Jika kurang dari itu kemungkinan tidak akan kompatibel.

Memilih Warna untuk Setiap Catatan

Setiap catatan bisa kamu kategorikan berdasarkan warna. Dan saat ini tersedia tujuh warna yang bisa kamu pilih. Tentunya ini akan memudahkan dalam memilih catatan apa yang akan dibuka, karena telah mengetahui berdasarkan warna yang dipilih sebelumnya.

Memilih Warna pada Sticky Notes Windows

Selain digunakan untuk meng-kategorikan catatan, memilih warna juga bisa menjadi pilihan untuk mengubah tampilan. Misalnya setiap harinya kamu hanya mencatat satu hal saja, dan supaya tampilannya tidak hanya itu-itu saja, maka bukankah lebih bagus jika diubah pula warnanya?

Tersedia Tema Gelap dan Terang

Ada tiga opsi untuk mengatur tema pada Sticky Notes. Yang pertama adalah tema terang, kedua adalah tema gelap, dan yang ketiga adalah tema adaptif (mengikuti setelan tema sistem). Kamu bisa memilih salah satu dari tema itu sesuai kenyamanan dalam penggunaan.

Tema Gelap dan Terang di Sticky Notes

Jika saya sendiri selalu menggunakan tema gelap karena merasa lebih enak dipandang di mata, atau mungkin karena sudah terbiasa mengedit teks di tema gelap, jadinya lebih nyaman saja. Sedangkan orang lain mungkin memiliki minat yang berbeda-beda dalam memilih tema.

Fitur Sinkronisasi pada Sticky Notes

Dengan adanya fitur sinkronisasi, catatan yang kamu simpan dapat diakses untuk perangkat lain. Jadi misalnya saat ini kamu menyimpan sesuatu pada Sticky Notes di komputer, dan kemudian ingin mengecek catatan itu nanti di ponsel, jadi cukup mengaktifkan sinkronisasi saja dan kemudian seluruh catatan akan langsung terlihat.

Sinkronisasi di Sticky Notes

Cara mengaktifkannya sangat mudah, kamu hanya perlu menuju Pengaturan Sticky Notes dengan meng-klik opsi Setelan (roda gigi), dan kemudian klik tombol Masuk dan silakan hubungkan akun Microsoft. Dan lakukan hal yang sama di perangkat lainnya.

Proses sinkronisasi biasanya berlangsung dalam hitungan detik saja. Kecuali jika catatan yang kamu simpan ada banyak, misalnya ratusan dan didalamnya berisi gambar, maka proses sinkronisasi akan membutuhkan waktu sedikit lama.

Baca juga: Cara Mengubah Tema Notepad Menjadi Terang atau Gelap

Kekurangan dari Aplikasi Sticky Notes

Satu kekurangan yang paling menonjol dari aplikasi Sticky Notes adalah tidak adanya dukungan untuk membuat catatan selalu muncul diatas (always on top). Jadi meski namanya Sticky, tapi belum ada fitur untuk membuat catatan dapat di pin pada layar tanpa terganggu aplikasi lain yang terbuka.

Tapi siapa tahu kedepannya fitur itu disediakan. Dan jika kamu sangat ingin untuk menerapkannya sekarang, maka kamu bisa menggunakan aplikasi semacam WindowTop untuk menjadikan aplikasi tertentu muncul dibagian paling atas, sehingga takkan ada program lain yang akan menutupinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.