Cara Mengubah Tema Notepad Menjadi Terang atau Gelap

Cara Mengubah Tema Notepad Menjadi Terang atau Gelap

Mencatat sesuatu di komputer memang lebih cepat menggunakan Notepad. Selain programnya yang ringan, pengguna diberikan akses untuk mengatur berbagai hal seperti ukuran teks atau canvas. Tapi ada pula hal baru, dimana Notepad mendukung tampilan mode gelap.

Mode gelap yang ada di Notepad hadir pada Windows 11, dan secara default itu diatur berdasarkan setelan tampilan pada sistem. Jadi apabila saat ini kamu menggunakan tema gelap di Windows, maka Notepad pun juga akan menggunakan tampilan yang sama.

Tapi kamu dapat mengubah setelan tampilan tersebut di Notepad. Misalnya kamu ingin menggunakan tema terang meski Windows sedang menggunakan tema gelap. Dan tata cara tersebut akan dibagikan pada artikel ini.

Mengubah Tampilan atau Tema Notepad

Disini akan saya bagikan tutorial untuk memilih sendiri tema pada Notepad. Sebagai contoh disini, saya ingin mengubah dari tema gelap ke tema terang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Notepad.
  2. Klik pada ikon pengaturan (gear) di pojok kanan atas.

    Klik Ikon Pengaturan di Notepad

  3. Selanjutnya klik pada opsi Tema Aplikasi.

    Klik Opsi Tema Aplikasi

  4. Dan silakan atur tema antara terang atau gelap.

    Mengubah Tema Gelap atau Terang di Notepad Windows 11

  5. Selesai, tema Notepad berhasil diubah.

Selain tema, kamu juga bisa mengubah font yang ada di Notepad dengan font yang telah terinstal pada PC. Dan hal tersebut pun juga pernah dijelaskan pada salah satu artikel di website Blog Second.

Untuk saat ini hanya ada dukungan tema gelap dan terang saja yang ada di Notepad. Jika misalnya pengguna dapat mengatur warna sendiri layaknya di aplikasi Notepad++, mungkin hal tersebut akan jauh lebih baik lagi.

Baca juga: Cara Mengubah Font di Notepad dan Notepad++

Solusi Tidak Ada Ikon Pengaturan di Notepad

Ikon pengaturan yang berbentuk gear biasanya muncul pada sisi kanan atas dan tidak tersedia pada menu navigasi. Jika sekiranya ikon tersebut tidak ada, kemungkinan besar kamu belum memperbarui versi build di Windows 11.

Jadi silakan cek pembaruan pada Windows Update dan jika benar ada pembaruan, maka silakan untuk diperbarui supaya mendapatkan fitur pergantian tema di Notepad.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai cara mengubah tema notepad, atau mungkin kamu memiliki tambahan tentang tutorial diatas, silakan langsung tuliskan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.