≡ Menu

Begini Cara Download WhatsApp Beta di Android

Aplikasi WhatsApp memiliki versi beta yang memungkinkan pengguna bisa mencoba lebih dulu fitur-fitur yang belum dirilis pada WhatsApp versi stabil. Ini sama seperti aplikasi beta lainnya semacam Google atau Youtube, dan tentunya aman untuk digunakan.

Mengikuti program beta seharusnya tidak dianjutkan, karena memungkinkan terdapat ditur yang masih dalam tahap pengembangan, dan aplikasi bisa mengalami kesalahan atau error kapan saja ketika mencoba fitur yang baru tersebut.

Atau lebih tepatnya, program beta lebih dikhususkan untuk para tester, dan ini sangat membantu para developer untuk mencari bug (kesalahan) yang terdapat pada versi beta tersebut supaya bisa diatasi sebelum dirilis sepenuhnya.

Begini Cara Download WhatsApp Beta di Android

Cara Download WhatsApp Beta untuk Android

Tidak ada salahnya untuk mencoba, karena meski kamu bukan seorang tester pun juga dapat beralih ke WhatsApp Beta dan meninggalkan versi stabil yang digunakan sebelumnya. Dan berikut ini caranya.

  1. Pastikan saat ini aplikasi WhatsApp sudah terpasang.
  2. Selanjutnya, silakan menuju Halaman WhatsApp Beta di Play Store.
  3. Kemudian tekan tombol Become a Tester.
  4. Tunggu beberapa saat, nantinya akan ada pembaruan tersedia terhadap aplikasi WhatsApp.

Pembaruan aplikasi tersebut meliputi versi beta, dan mungkin kamu akan lebih sering mendapatkan pembaruan. Untuk mengeceknya lebih lanjut apakah kamu sudah termasuk beta tester, silakan menuju halaman WhatsApp di Play Store, dibagian bawah biasanya akan muncul semacam dialog yang menyatakan bahwa kamu mengikuti program beta tester.

Disana juga disediakan tombol untuk membatalkan pengajuan menjadi beta tester. Tapi silakan pikir-pikir dulu untuk membatalkannya, karena jumlah pendaftaran beta tester ini terbatas, alias tidak semua orang bisa bergabung.

Program WhatsApp Beta Tester Sudah Penuh? Ini Alternatifnya

WhatsApp membatasi jumlah seseorang yang bisa mengikuti program beta tester melalui Play Store, dan sepertinya itu di-reset setiap bulannya. Nah apabila kamu sudah mengikuti tata cara diatas namun halaman tersebut menyatakan bahwa programnya sudah penuh, maka tak ada cara lain kecuali langsung mengunduh APK-nya.

WhatsApp Beta APK banyak tersebar di Google, akan tetapi Saya lebih menyarankan untuk mengunduhnya dari situs web APKMirror karena terbukti terpercaya dalam membagikan aplikasi. Jadi silakan cari WhatsApp Beta versi yang terbaru di situs tersebut.

Dan satu lagi, mengingat ini adalah cara alternatif, jadi kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan update langsung dari Play Store mengenai WhatsApp Beta. Tapi kamu masih bisa kok memperbaruinya secara manual dan caranya juga sama, yakni mengunduh versi paling terbaru pada situs APKMirror.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android Lolipop Keatas

Kesimpulan

WhatsApp Beta sangat aman untuk digunakan dalam berkomunikasi, dan keunggulannya adalah pengguna bisa mencicipi fitur baru yang belum dirilis. Sebagai contohnya adalah mode gelap, dimana fitur itu masih belum dirilis ketika artikel ini dibuat.

Kekurangan dari menjadi beta tester adalah memungkinkan pengguna meenemukan kesalahan tak terduga ketika mencoba suatu fitur. Tapi itu adalah hal yang normal, mengingat fitur itu masih dalam tahap pengembangan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment