≡ Menu

Cara Membuka File Dokumen di HP Android

Bisakah membuka file dokumen melalui ponsel Android? Itulah pertanyaan yang sering dikatakan oleh seseorang. Dan jawabannya adalah BISA. Namun supaya bisa membukanya, tentu harus memasang aplikasi tambahan.

Sebagian ponsel Android telah memiliki aplikasi pengedit dokumen secara default. Aplikasi itu adalah Google Docs. Namun pengguna juga bisa memasang aplikasi lainnya yang mampu digunakan untuk membaca dan mengalihkan dokumen.

Jadi apabila misalnya kamu menerima file dokumen dari WhatsApp atau Messenger, namun muncul notifikasi “tidak ada aplikasi yang mendukung…“, itu tandanya ponsel kamu belum terinstall aplikasi pembaca document satu pun.

Membuka Segala File Dokumen di Android

Supaya bisa membuka file dokumen yang diterima dari seseorang, kamu harus memasang aplikasi terlebih dahulu. Disini Saya sangat menyarankan menggunakan Microsoft Word karena fiturnya yang banyak dan juga mudah untuk digunakan.

Untuk memasang aplikasi Microsoft Word silakan ikuti tata cara dibawah ini:

  1. Silakan ketuk ikon Play Store.

    Ketuk ikon Play Store

  2. Kemudian cari pada kolom pencarian dengan kata kunci Microsoft Word.

    Cari Microsoft Word di Play Store

  3. Lalu akan muncul aplikasinya, dan ketuk tombol Pasang.
  4. Tunggu proses download selesai dan aplikasi siap digunakan.

    Memasang Aplikasi Microsoft Word untuk Mmebuka File Dokumen

Setelah memasang aplikasi Microsoft Word, kini seluruh dokumen yang diterima atau yang dimiliki pada ponsel akan bisa langsung dibuka tanpa ada kendala. Bahkan kamu juga bisa membuat dokumen sendiri melalui Microsoft Word layaknya di komputer.

Alternatif dari Aplikasi Microsoft Word

Jika ponsel kamu tidak mendukung untuk dipasang aplikasi Microsoft Word, silakan gunakan aplikasi alternatif. Salah satu yang terbaik adalah Google Dokumen. Dan untuk cara memasangnya masih sama seperti langkah diatas, hanya perlu mengubah kata kuncinya saja pada kolom pencarian.

Aplikasi Google Docs di Play Store

Selain Google Docs pun juga masih ada aplikasi alternatif yang lain. Yaitu adalah WPS Office. Tapi menurut Saya Google Docs sudah menjadi alternatif yang terbaik dan cocok untuk semua ponsel Android.

Kesimpulan

Aplikasi Microsoft Word membutuhkan versi Android 6.0 keatas untuk bisa digunakan. Namun jika ponsel kamu tidak mendukungnya, masih bisa memakai aplikasi alternatif lainnya seperti yang Saya sebutkan diatas.

Jadi jika versi Android di ponsel kamu dibawah versi 6.0 (Marsmallow), ada baiknya untuk menggunakan aplikasi alternatif.

Dan satu lagi, aplikasi Word di ponsel dapat dinikmati secara gratis tanpa perlu membeli lisensi layaknya di komputer. Selain Word, ada pula aplikasi Microsoft lain yang mungkin kamu perlukan, seperti Excel, PowerPoint, OneNote, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment