≡ Menu

Cara Memperbarui Winrar pada PC Windows

Winrar merupakan aplikasi pada komputer yang berfungsi untuk mengelola arsip file dengan mudah. Pengguna bisa membuat file arsip berupa format ZIP dan RAR, atau meng-ekstrak suatu arsip ke direktori yang diinginkan.

Tapi sudah tahukah kamu kalau Winrar ini memiliki satu kekurangan? Yakni tidak memiliki fitur untuk mengecek pembaruan. Sehingga pengguna harus mengecek dan memasangnya secara manual. Dan kamu juga harus tahu, jika Winrar pernah memiliki masalah yang besar, yang membuat komputer bisa kemasukan virus lho.

Terakhir kali Winrar memiliki celah yang bisa membuat komputer terkena ransomware berjenis “JNEC.a“, namun celah itu telah diperbarui pada versi terbaru. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi kamu untuk memperbarui Winrar supaya komputer tetap dalam keadaan aman.

Tutorial Memperbarui Winrar pada Komputer atau Laptop

Masih menjadi pertanyaan, aplikasi yang sangat populer ini tidak memiliki fitur untuk mempebarui secara otomatis. Jadi pengguna hanya dapat melakukannya secara manual. Dan walaupun itu terasa membosankan, tapi sebenarnya prosesnya sangat cepat kok.

Ikuti sedikit langkah dibawah ini untuk memulai memperbarui Winrar secara manual:

1. Uninstall Winrar

Mengapa harus meng-uninstallnya terlebih dahulu? Hal ini supaya keamanan yang didapatkan terjamin, sehingga Winrar versi lama ini akan terhapus sepenuhnya pada komputer sebelum digantikan ke terbaru.

Untuk menghapusnya bisa melalui menu berikut: Windows Settings > Apps > Winrar > Uninstall.

Atau alternatifnya kamu juga bisa melakukannya melalui Control Panel > Uninstall a Program dan kemudian memilih Winrar.

2. Download dan Install Winrar Versi Terbaru

Silakan KLIK DISINI untuk mengunjungi website Winrar, setelah itu pada bagian Latest, silakan pilih jenis sistem komputer yang kamu gunakan, antara 32-bit atau 64-bit.

Download Winrar Versi Terbaru

Jika sudah di-download, silakan klik dua kali pada file tersebut dan lakukan proses instalasi. Ini tidak akan lama, kemungkinan hanya beberapa detik saja.

Baca juga: Cara Memperbaiki File ZIP atau RAR yang Corrupt

3. Cek Versi

Untuk memastikan lebih lanjut apakah kamu telah menggunakan aplikasi Winrar diatas versi 5.6, silakan menuju opsi Help > About Winrar. Disana kamu dapat mengetahui versi Winrar yang digunakan sekarang.

Memperbarui Winrar pada Komputer atau Laptop

Sekarang kamu telah berhasil memperbarui Winrar secara manual. Untuk aplikasi lainnya pun sebagian ada yang sama, misalnya 7-zip. Dan saya sendiri pun masih kurang tahu pasti mengapa program sejenis ini tidak memiliki fitur pengecek versi terbaru didalamnya, namun semoga kedepannya fitur tersebut tersedia untuk memudahkan pengguna.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap