≡ Menu

Cara Memperbaiki File ZIP atau RAR yang Corrupt

Cara Memperbaiki File ZIP atau RAR yang Corrupt

Terdapat banyak sekali jenis file arsip yang ada di internet, namun ZIP dan RAR merupakan yang paling populer dan sering digunakan sampai sekarang. Dan tak hanya berguna sebagai pengarsip atau pengompres file saja, tapi itu juga dapat digunakan untuk melindungi file yang ada didalamnya.

Tapi file arsip juga bisa rusak atau corrupt, sehingga file yang berada didalamnya tidak bisa dikeluarkan. Kerusakan terhadap arsip tersebut bisa disebabkan dari beberapa hal, dan yang paling sering terjadi adalah akibat proses download yang bermasalah, sehingga file tersebut tidak terunduh 100%.

Kebanyakan orang membuka file arsip dengan program WinRar, tapi tahukah kamu bahwa program tersebut juga memiliki fitur untuk memperbaiki arsip yang bermasalah. Tetapi file arsip yang didukung untuk diperbaiki hanyalah ZIP dan RAR saja.

Memperbaiki File ZIP RAR yang Corrupt

Fitur bernama Repair di WinRar berfungsi untuk memperbaiki arsip dengan cara membangun ulang, memungkinkan supaya kamu bisa meng-extract seluruh file didalamnya tanpa muncul kesalahan. Jika kerusakan pada arsip tidak parah, pastinya menggunakan cara ini akan berhasil 100%.

  1. Buka arsip yang corrupt dengan WinRar.
  2. Klik Tools dan pilih Repair Archive.

    Klik Tools dan Repair Archive

  3. Dialog kecil akan muncul. Klik tombol Browse dan pilih direktori baru untuk menyimpan file arsip yang dibangun ulang.

    Pilih Direktori Baru

  4. Pada Archive Type, pilih sesuai jenis arsip pada file. Misalnya tadi filenya adalah ZIP, maka pilihlah ZIP.
  5. Klik tombol OK dan tunggu proses selesai.

    Memperbaiki File ZIP RAR yang Corrupt

  6. Apabila sudah selesai, silakan menuju direktori yang dipilih tadi untuk melihat hasil arsip yang berhasil dibangun ulang.

    Arsip Corrupt Telah Berhasil Dibangun Ulang

Selama tingkat kerusakannya tidak tinggi, pastinya file arsip yang corrupt tadi masih bisa diselamatkan dan seluruh file yang ada didalamnya tidak ada yang bermasalah. Tapi jika kerusakannya cukup tinggi, kemungkinan besar file yang ada didalam arsip juga akan berpengaruh.

Fitur Repair yang ada di WinRar juga bisa digunakan untuk file arsip yang ter-password. Jadi contohnya kamu tidak bisa mengeluarkan file yang ada didalam arsip meski password yang diketik sudah benar. Dan cara memperbaikinya masih sama seperti diatas.

Baca juga: Cara Membuat File ZIP pada Komputer

Berapa Lama Proses Memperbaiki Arsip di WinRar?

Ini tergantung dari besarnya ukuran file arsip tersebut dan file yang ada didalamnya. Sebab WinRar akan membangun ulang seluruhnya untuk dijadikan file arsip yang baru dan normal. Jika ukuran filenya sekitar 1GB, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Dan apabila kamu masih bingung arsip corrupt yang tergolong parah atau tidak itu seperti apa? Jadi contohnya yang parah adalah data pada arsip tersebut banyak menghilang, sehingga file didalamnya tak terdeteksi satu pun.

Sementara jika tidak parah, seluruh file yang ada didalam arsip masih dapat terbaca tapi tidak bisa dikeluarkan atau di-extract. Atau contoh lainnya adalah ukuran file arsipnya berbeda sedikit dengan yang aslinya, dan hal semacam ini masih dapat diperbaiki.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Kenza September 8, 2020, 3:07 am

    kak, sudah saya lakukan seperti di atas, tapi file masih tidak bisa (corrupt) itu gimana ya kak? padahal filenya masih dapat terbaca

    • rrobyf September 8, 2020, 3:12 am

      Kemungkinan filenya corrupt terlalu parah gan. Sebagai contoh seperti perbedaan ukuran file yang terlalu jauh dari aslinya, memungkinkan data yang hilang juga semakin besar, sehingga tidak bisa diperbaiki.

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap