≡ Menu

Solusi Tidak Bisa Menerima Kode OTP dari Facebook

Solusi Tidak Bisa Menerima Kode OTP dari Facebook

OTP adalah singkatan dari One Time Password, yang memiliki kegunaan semacam PIN sementara. Biasanya OTP digunakan untuk memperketat keamanan terhadap suatu akun, misalnya ketika pengguna hendak masuk atau mengubah pengaturan terhadap akun.

Pada Facebook, pengguna akan menerima kode OTP ketika hendak mendaftar akun, atau ketika akan memasuki akun apabila mengaktifkan fitur two factor authenticator. Namun ada kalanya kode OTP tersebut tidak kunjung masuk, sehingga pengguna terjebak pada halaman tersebut.

Yang perlu kamu tahu adalah, masalah ini kadang tidak sepenuhnya terjadi akibat dari sisi Facebook, melainkan juga akibat dari nomor yang kamu gunakan. Hanya saja kendala ini sangat jarang dan lebih sering pada Instagram dibandingkan di Facebook.

Solusi Kode OTP Facebook Tidak Masuk

Sehubungan kita tidak mengetahui persisnya penyebab dari kode OTP yang tidak masuk, namun kemungkinan besar kendalanya disebabkan dari tiga hal. Yang pertama adalah setelan atau pengaturan di ponsel, yang kedua adalah terdapat masalah pada operator kartu seluler yang digunakan, dan yang ketiga adalah sistem Facebook yang bermasalah.

Dari ketiga hal tersebut, kamu dapat mengatasinya satu-per-satu, dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana langkah-langkahnya. Silakan simak dan ikuti mulai dari solusi yang pertama.

1. Mengatur Ulang Pusat Pesan pada Ponsel

Pusat pesan atau SMSC berfungsi sebagai perantara dalam mengirim atau menerima pesan. Jika itu salah diatur, pastinya ponsel kamu tidak akan bisa digunakan untuk mengirim atau menerima pesan, alias selalu gagal.

Jadi silakan cek pada pengaturan pesan, kemudian cari pada bagian Pusat Pesan, silakan ubah itu sesuai nomor SMSC pada kartu seluler masing-masing. Dan apabila kamu tidak mengetahuinya, silakan hubungi operator untuk mendapatkan nomornya.

Walau secara default pusat pesan telah diatur otomatis oleh sistem, namun adakalanya sistem pada ponsel mengalami galat sehingga nomor tersebut hilang sehingga tidak diatur dengan benar.

Setelah kamu mengaturnya dengan benar, cobalah sekali lagi meminta kode OTP dari Facebook. Apakah kini kode tersebut sudah bisa diterima?

2. Menghubungi Operator Kartu Seluler

Beberapa waktu lalu saya mengalami kendala yang nyaris sama, yaitu tidak bisa menerima kode verifikasi dari suatu situs yang terkirim melalui SMS. Namun anehnya itu bisa diterima pada nomor yang lain. Jadi dari sini saya rasa penyebabnya adalah dari kartu seluler sebelumnya.

Solusinya adalah menghubungi operator. Kamu bisa melakukannya dari sosial media atau langsung menelponnya. Kemudian jelaskan secara detail kendalanya beserta kapan kejadiannya, nantinya operator akan membuatkan ticket pengaduan.

Langkah selanjutnya adalah menunggu sampai kamu mendapatkan kabar dari operator. Ini bisa cepat atau lambat tergantung dari operator masing-masing. Jika dari pengalaman saya sendiri adalah sekitar 2 hari.

Dan setelah mereka mengatakan masalahnya sudah teratasi, cobalah untuk menerima kode OTP lagi dari Facebook. Pasti kini kode tersebut dapat diterima dengan baik.

3. Kesalahan Sementara dari Sistem OTP Facebook

Jika dua hal diatas sudah kamu lakukan namun tidak membuahkan hasil, maka bisa dipastikan kendalanya dari sisi Facebook itu sendiri. Biasanya ini tidak berlangsung lama dan hanya memerlukan waktu beberapa saat.

Tak ada cara lain kecuali menunggu sampai Facebook membetulkan masalahnya sendiri. Bahkan pengguna pun juga tidak diberi opsi untuk menghubungi pihak Facebook.

Sampai saat ini kasus yang sering terjadi adalah keterlambatan dalam mengirim kode OTP, tapi berbeda jika tidak bisa menerimanya sama sekali, tentu hal tersebut merupakan masalah besar. Jadi sebagai saran, silakan tunggu sekiranya 1 hari dan kemudian cobalah untuk mendapatkan kode OTP lagi.

Baca juga: Apa Itu Generator Kode dan Cara Menggunakannya di Facebook

Kesimpulan

Antara ketiga hal diatas memungkinkan menjadi kendala yang kamu alami saat ini. Jadi tidak perlu cemas, karena setiap kendala diatas memiliki solusi. Sementara itu pada poin ke tiga diatas, itu merupakan kesalahan dari sistem Facebook, sehingga hanya Facebook saja yang dapat mengatasinya.

Jika kamu memiliki solusi yang lain, sangat dipersilakan untuk membagikannya pada kolom komentar untuk membantu pengguna lainnya yang sedang mengalami masalah ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment