Cara Download Subtitle Indonesia untuk Semua Film

Cara Download Subtitle Indonesia untuk Semua Film

Subtitle atau terjemahan biasanya muncul dibagian bawah video, kegunaannya untuk membuat para penonton mengerti terhadap apa yang dibicarakan pada video itu meski menggunakan Bahasa yang tidak dikenal. Salah satu contohnya adalah film luar negeri yang kita tonton di televisi

Sebagian film luar negeri juga banyak yang telah di-dubbing untuk membantu para penonton memahami lebih baik tanpa harus membaca terjemahan lagi. Tapi sebagian orang lebih suka terhadap video dengan suara aktor aslinya, entah karena lebih baik atau lainnya, dan selera orang memang berbeda-beda.

Subtitle untuk semua film pada dasarnya bisa di-unduh di internet. Dan kebanyakan film populer selalu tersedia subtitlenya untuk Bahasa Indonesia. Baik itu film lama hingga yang baru sekalipun. Dan pada artikel ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara mencari subtitle tersebut.

Mencari dan Mengunduh Subtitle untuk Segala Film

Salah satu cara termudah untuk mencari subtitle lengkap adalah melalui situs web Subscene. Pada dasarnya situs web ini telah diblokir di beberapa ISP atau jaringan seluler di Indonesia, namun pengguna masih dapat membukanya dengan cara menggunakan DNS Pribadi atau VPN.

Dan silakan ikuti cara dibawah ini untuk mulai mencari subtitle sesuai film yang akan di tonton.

  1. Buka situs web Subscene dot com.
  2. Tuliskan nama film pada kolom yang tersedia, dan klik tombol Subtitle Search.

    Menuliskan Nama Film di Subscene

  3. Kemudian nama film akan muncul pada daftar, silakan pilih yang sesuai.

    Memilih Nama Film pada Daftar

  4. Setelah itu silakan gulir kebawah sampai bagian Indonesian.

    Memilih Jenis Subtitle yang Cocok untuk Video

  5. Dan pilih salah satu subtitle yang sesuai dengan jenis videonya. Misalnya seperti BluRay atau DVD.
  6. Dan klik tombol Download Indonesian Subtitle.

    Download Subtitle Indonesia untuk Semua Film

  7. Selesai, subtitle untuk film berhasil di-unduh.

Format file subtitle yang di-unduh berbentuk ZIP (Arsip), untuk itu silakan keluarkan atau di-extract file format SRT yang ada didalamnya untuk mulai menggunakannya. Pada Windows 8 keatas, telah tersedia fitur untuk meng-extract file ZIP. Sedangkan untuk versi dibawahnya bisa menggunakan program WinRar.

Setelah subtitle berhasil di-extract, maka kamu sudah siap untuk menonton filmnya. Cukup samakan nama file video dengan file subtitle, dan nantinya itu akan terdeteksi pada video player yang dipakai.

Solusi Situs Subscene Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang saya katakan diatas bahwa situs web Subscene telah diblokir pada beberapa ISP dan jaringan seluler di Indonesia. Sehingga untuk membukanya harus memakai DNS Pribadi atau paling tidak menggunakan VPN.

Ada banyak VPN gratis yang bisa digunakan, atau jika kamu ingin cara cepat, cukup memakai DNS Pribadi. Tata cara untuk melewati Subscene yang diblokir sudah pernah dijelaskan pada artikel berjudul Melewati Subscene Diblokir.

Baca juga: Cara Jitu Membuka Subscene yang Diblokir

Mengapa Subscene Diblokir di Sebagian ISP?

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa Subscene diblokir tidak lain adalah terkait aktivitas film bajakan. Karena Subscene ini tempat untuk mengunduh terjemahan yang dikhususkan pada film-film bajakan, hal tersebut diperkuat dari nama dari setiap subtitle yang disediakan.

Namun sebenarnya tak cuma film bajakan saja yang bisa dipakai. Justru film asli (original) yang kamu beli juga bisa mendapatkan subtitle yang sesuai melalui Subscene.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.