≡ Menu

Review Modem Mifi 4G AccessGo DM A002

Review Modem Mifi 4G AccessGo DM A002

Satu bulan yang lalu semenjak artikel ini dibuat, saya mencari modem 4G yang cocok untuk penggunan tiap hari. Pada akhirnya saya menemukan modem dengan merk AccessGo tipe DM A002 yang menurut saya harganya lumayan terjangkau.

Modem ini memang kurang populer dibanding lainnya, akan tetapi terdapat sesuatu yang membuat saya tertarik pada modem AccessGo ini. Yakni adalah mendukung untuk semua operator di Indonesia, bahkan untuk kartu Smartfren sekalipun.

Semenjak satu bulan pemakaian, ingin sekali saya tulis review terhadap perangkat ini. Karena saya pikir, seseorang yang ingin membelinya pastilah mengharapkan testimoni dari penggunanya. Baik itu dari kelebihan atau kekurangan.

1. Suhu Modem Tidak Cepat Panas

Meski digunakan dalam jangka lama, modem ini tidak cepat panas dan suhunya bergantung dari penggunaan pengguna. Jadi apabila dipakai ramai-ramai, mungkin suhunya bisa meningkat, akan tetapi jika diguankan 1 sampai 3 perangkat, modem ini hanya hangat saja.

Pernah beberapa kali saya hidupkan modem ini selama 24 jam dan tidak ada masalah yang terjadi. Jika digandeng dengan router, tentunya fungsional modem ini akan lebih bagus lagi, serta suhunya cuma hangat tanpa khawatir overheat.

2. Mudah Untuk Digunakan

Pada dasarnya perangkat ini langsung bisa digunakan setelah kamu menaruh SIM Card dan menancapkannya ke aliran listrik, atau istilahnya adalah Plug & Play. Selama lampu indikator menampilkan warna hijau (4G) atau biru (3G), itu tandanya koneksi internet siap untuk digunakan.

Tampilan navigasi pada setelan Mifi juga simple dan mudah untuk dijangkau. Sehingga kamu bisa mengatur segala hal seperti nama WiFi, password, dan sebagainya dengan mudah. Bahkan didalamnya juga ada opsi untuk menonaktifkan koneksi internet juga lho.

3. Kekuatan Signal Lumayan Bagus

Modem ini tidak memiliki antena eksternal, tapi jangkau sinyal yang didapat menurut saya lumayan bagus. Pada kondisi signal penuh, kecepatan internet yang didapat rata-rata adalah 30Mbps. Mungkin pada wilayah tertentu, kecepatan ini akan berbeda-beda.

Sedangkan jika saya taruh langsung kartu SIM di ponsel dengan signal 4G penuh, kecepatannya bisa sampai 40Mbps. Jadi secara keseluruhan, terdapat perbedaan kecepatan sekitar 10Mbps. Namun itu tidak masalah, selama modem ini bisa menjangkau 20Mbps, itu sudah mencukupi untuk kegiatan di internet.

4. Terdapat Fitur Kunci Jenis Jaringan

Entah mengapa fitur ini seolah penting untuk segala perangkat Mifi yang memiliki kegunaan untuk mengunci jenis jaringan supaya tidak beralih-alih lagi. Pada modem DM A002 pun juga memilikinya.

Jadi kamu bisa terus menggunakan jaringan 4G tanpa khawatir beralih ke 3G secara otomatis. Dan apabila ingin menggunakan fitur ini, pertama-tama pastikan untuk menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu pada setelan.

Bukan cuma jenis jaringan saja, kamu juga bisa mengunci frekuensi jaringan selama itu ditemukan. Misalnya hanya ingin memakai TDD-LTE atau FDD-LTE saja.

Baca juga: Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi pada Windows

5. Modem Tidak Memiliki Slot Kartu Memori

Mungkin ini adalah slah satu kekurangan yang saya temukan pada modem AccessGo ini, dimana tidak ada slot kartu memori yang bisa digunakan. Mungkin saja modem ini lebih berfokus sebagai Mifi, yang tidak memiliki tujuan dijadikan sebagai card reader.

6. Harga

Dan yang terakhir adalah harga. Pada saat itu saya beli harganya sekitar Rp360.000. Bagi saya lumayan terjangkau untuk modem Mifi 4G yang mendukung segala operator. Sedangkan versi dibawahnya (DM A001) memiliki harga yang lumayan jauh berbeda.

Perbedaanya adalah dari sisi chipset. Pada DM A002 menggunakan chipset ZTE yang membuatnya tidak cepat panas sehingga koneksi yang didapat bisa terus stabil.


Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam menggunakannya dan tidak ada unsur promosi. Jadi pada akhirnya kamu bisa memutuskan sendiri apakah ingin membelinya atau tidak.

Satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa kekuatan signal yang didapat pada suatu wilayah mungkin berbeda-beda, jadi jangan mengira menggunakan modem ini signalnya bisa langsung penuh. Justru modem ini hanya bertujuan untuk membagikan koneksi internet saja, bukan sebagai penguat signal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Renza Desember 25, 2020, 4:48 pm

    Terimakasih! Saya jadi punya pandangan baru tentang modem usb satu ini, karena saya berniat membeli tapi sebelumnya sempat takut tidak sesuai ekspektasi.

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap