≡ Menu

Cara Mengubah Pusat Pesan di HP Android

Pusat Pesan atau dikenal juga dengan sebutan SMSC memiliki kegunaan untuk merutekan pesan dan mengatur prosesnya. Sederhananya, itu digunakan sebagai perantara disaat kamu mengirimkan pesan. Sehingga nantinya Pusat Pesan itulah yang bertanggung jawab untuk mengirimkan ke nomor tujuan.

Setiap kartu seluler memiliki pusat pesan yang berbeda-beda. Dan jika salah dalam mengaturnya, memungkinkan pesan yang kamu buat tidak akan terkirim atau bahkan ponsel kamu juga tidak dapat menerima pesan dari nomor lain.

Untuk itu, sangat penting mengaturnya dengan benar supaya pesan SMS dapat terkirim atau diterima dengan baik. Dan pada artikel ini akan dijelaskan tata cara untuk mengubah pusat pesan tersebut melalui ponsel Android.

Mengubah Pusat Pesan di Android

Kebanyakan ponsel Android dapat mengubah pusat pesan selama kartu android telah terhubung. Namun disebagian ponsel juga tidak memiliki opsi untuk mengubahnya, dan hanya bisa mengecek nomornya saja.

Setiap ponsel Android juga memiliki tampilan aplikasi perpesanan yang berbeda-beda. Namun di artikel ini Saya akan membagikan caranya pada ponsel Samsung, yang Saya rasa itu tidak jauh berbeda dengan ponsel Android yang lainnya. Berikut ini tata caranya:

  1. Buka aplikasi Perpesanan.
  2. Ketuk opsi titik tiga dan pilih Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Perpesanan

  3. Menuju menu Pengaturan Lainnya.

    Ketuk Pengaturan Lainnya

  4. Ketuk pada menu Pesan Teks.

    ketuk Menu Pesan Teks

  5. Lalu ketuk menu Pusat Pesan.

    Pilih Pusat Pesan

  6. Sekarang kamu bisa mengubah nomor pusat pesan pada ponselnya.

    Mengubah Nomor Pusat Pesan di HP Android

Mungkin di ponsel lain terdapat perbedaan menu, namun itu tidak masalah karena untuk mengatur nomor pusat pesan memang berada pada setelan aplikasi perpesanan yang digunakan sekarang.

Baca juga: Solusi Ponsel Tidak Bisa Menerima Pesan SMS

Kesimpulan

Menyetel Pusat Pesan di Android dapat dilakukan dengan mudah pada pengaturan aplikasi perpesanan yang digunakan. Walau secara default nomor SMSC telah diatur dengan benar sesuai kartu SIM yang dipakai, akan tetapi kamu dapat memastikannya lagi atau mengubahnya dengan nomor alternatif lainnya.

Sedangkan nomor pusat pesan bisa didapat dari operator kartu masing-masing. Kamu bisa menghubungi layanan customer service, dan mereka pastinya akan memberikan nomor pusat pesan tersebut.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai tata cara mengatur pusat pesan di Android, langsung saja lontarkan pertanyaan tersebut pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment