Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling populer di dunia. Hampir semua orang yang menggenggam smartphone pasti memiliki akun WhatsApp. Salah satu fitur yang membuat WhatsApp semakin bagus adalah adanya fitur hapus pesan. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghapus pesan yang sudah terkirim, baik itu karena salah kirim atau salah ketik.

Tapi ada kalanya kita penasaran dengan pesan yang dihapus oleh teman atau barangkali gebetan. Apa sih yang dia tulis? Apa sih yang dia mau bilang? Apa sih yang dia sembunyikan? Nah buat kamu yang penasaran, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tersebut.

Sebagian dari cara-cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, jadi tak perlu khawatir menghabiskan memori atau kuota. Yuk langsung saja simak cara-cara berikut ini.

Trik Melihat Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

1. Melalui Notification Log

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah melalui notification log atau riwayat notifikasi. Cara ini cuma bisa dilakukan di HP Android versi 11 ke atas ya. Jadi kalau HP kamu masih memakai versi Android di bawahnya, ada baiknya untuk skip ke cara berikutnya.

Berikut ini tata cara mengakses fitur notification log di ponsel:

  1. Tekan lama layar utama HP kamu, lalu pilih widget.
  2. Cari widget yang bernama Notification log, lalu tarik ke layar utama.
  3. Selanjutnya buka widget tersebut, lalu cari ikon WhatsApp.
  4. Di sana kamu akan melihat semua notifikasi pesan WhatsApp yang masuk ke HP kamu, termasuk pesan yang sudah dihapus.

Cara ini termasuk mudah dan praktis, tapi ada beberapa kelemahannya. Yang pertama, kamu cuma bisa melihat pesan teks, jadi tidak bisa melihat file media seperti foto, video, atau suara. Yang kedua, kamu cuma bisa melihat pesan yang masuk dalam 24 jam terakhir, setelah itu notifikasinya akan hilang untuk selamanya. Dan yang ketiga, kamu hanya bisa melihat pesan yang telah masuk ke notifikasi ponsel, jadi apabila ponsel dalam keadaan offline dan tidak menerima pemberitahuan notifikasi dari pesan yang terhapus tersebut, maka pesannya tidak akan terekam.

2. Melalui Fitur Ekspor Chat di WhatsApp

Cara ini bisa dilakukan di HP Android maupun iOS. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan keseluruhan transkrip chat ke email atau penyimpanan Google Drive. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, dan menuju menu Setelan.
  2. Pilih menu Chat, lalu pilih Cadangan Chat.
  3. Setelah itu ketuk tombol Cadangkan.
  4. Tunggu sampai proses pencadangan selesai.
  5. Apabila sudah selesai, silakan buka Google Drive atau Email sesuai dari penyimpanan yang kamu pilih tadi.
  6. Di sana kamu akan melihat semua pesan yang pernah dikirimkan oleh keseluruhan kontak, termasuk pesan yang dihapus.

Menurut saya, cara ini cukup lengkap dan detail. Dan kelemahannya hanya satu, yaitu kamu harus mencadangkan chat ketika ingin melihat pesan seseorang yang baru saja dihapus. Jadi ini akan melibatkan kuota yang lumayan tinggi untuk melakukannya, mengingat prosesnya adalah mengunggah file cadangan ke penyimpanan di internet.

Terkait: Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman ke Galeri

3. Menggunakan Aplikasi WAMR

WAMR bisa disebut sebagai WhatsApp Monitor. Ketahui sebelumnya bahwa setiap pesan atau chat di WhatsApp telah ter-enkripsi secara end-to-end, jadi pada dasarnya ini tidak bisa disadap dengan cara yang mudah. Justru aplikasi WAMR memanfaatkan notifikasi untuk merekam setiap pesan WhatsApp yang masuk.

Penggunaan dari aplikasi WAMR tidak lah sulit, yang diperlukan hanyalah memasang aplikasinya melalui Play Store. Kemudian ikuti intruksi yang ditampilkan saat membuka aplikasi tersebut pertama kali.

Beberapa hal perlu untuk diterapkan, seperti mengecualikan WAMR dari pengoptimalan baterai, mengecualikannya dari aplikasi pembersih RAM, dan sebagainya yang sekiranya proses background dari aplikasi ini dapat berjalan tanpa terhenti.

Kelebihan dari WAMR adalah dapat merekam dengan cepat teks atau media yang terhapus. Dan kekurangannya adalah tidak dapat merekam ketika proses dari aplikasi terhenti, baik itu dihentikan oleh aplikasi lain atau sistem ponsel.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Setiap cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kamu bisa memilih yang paling cocok buat kamu. Tapi mohon diingat, jangan sampai kamu jadi kepo berlebihan atau mengganggu privasi orang lain. Gunakan cara-cara ini dengan bijak dan bertanggung jawab. Apabila ada yang ingin ditanyakan, langsung saja untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *