≡ Menu

Cara Mengubah Cover Playlist Spotify dengan Gambar Sendiri

Cara Mengubah Cover Playlist Spotify dengan Gambar Sendiri

Seluruh pengguna Spotify memiliki kebebasan untuk membuat Playlist khusus yang berisi lagu yang disukai. Tak ada batasan terhadap lagu yang bisa ditambahkan, dan secara default cover dari playlist yang dibuat itu akan berupa gambar dari beberapa lagu yang telah ditambahkan.

Bukankah lebih menarik apabila cover tersebut diubah menjadi gambar sendiri? Untuk membuatnya tampak berbeda dan pastinya menjadikannya terlihat keren dari sebelumnya. Dibanding menggunakan cover random yang dibuat secara otomatis oleh sistem, tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Mengubah Cover Playlist di Spotify

Gambar apa saja bisa digunakan sebagai cover playlist selama itu tidak melanggar ketentuan atau pedoman Spotify. Dan artikel ini akan menjelaskan dua tutorial, yang pertama untuk perangkat komputer, dan yang kedua adalah untuk perangkat ponsel.

Cara ini bisa diterapkan pada akun Spotify gratis. Dan silakan ikuti tutorial dibawah ini sesuai jenis perangkat yang diguankan.

1). Menggunakan Komputer

Sebelumnya pastikan software atau program Spotify telah terpasang dan saat ini dalam kondisi telah masuk pada akun. Jika itu sudah terpenuhi, silakan mulai lakukan cara berikut.

  1. Klik pada suatu Playlist.

    Pilih Playlist

  2. Lalu klik pada cover playlist tersebut.

    Klik pada Cover

  3. Selanjutnya klik tombol opsi titik tiga, dan pilih Replace Image.

    Klik Replace Image

  4. Sekarang pilih gambar yang ingin dijadikan cover.
  5. Jika sudah selesai, klik tombol SAVE untuk menyimpan.

    Mengubah Cover Playlist Spotify dengan Gambar Sendiri

Baca juga: Mengaktifkan Fitur Parental Control di Spotify Premium Family

2). Menggunakan Ponsel

Berbeda dengan aplikasi Spotify yang ada di komputer, justru di aplikasi ponsel tidak disediakan opsi untuk mengubah cover terhadap playlist yang dibuat. Tapi ada sedikit trik yang bisa kamu lakukan, dan ini membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuatnya berhasil.

Kamu harus menggunakan aplikasi bernama Change Playlist Image Spotify yang bisa diunduh di Play Store. Dan untuk menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah, cukup izinkan akses aplikasi pihak ketiga saat masuk ke aku Spotify, dan setelah itu playlist kamu akan tampil di aplikasi tersebut dan bisa langsung dialihkan.

Ubah Gambar Playlist Spotify Melalui Android

Bukan cuma gambar saja yang bisa dialihkan, tapi kamu bisa mengatur deskripsi playlist tersebut seperti melakukannya di komputer. Sementara itu untuk pengguna iOS, sayangnya belum ada aplikasi sejenis itu untuk mengubah cover dengan mudah. Jadi tak ada cara lain kecuali melakukannya langsung dari komputer.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment