≡ Menu

Solusi Ponsel Tidak Bisa Menerima Pesan SMS

Solusi Ponsel Tidak Bisa Menerima Pesan SMS

Semenjak adanya aplikasi chatting, banyak orang yang mulai meninggalkan Pesan SMS karena lebih memilih layanan yang gratis. Walaupun begitu, harga pesan SMS untuk kartu seluler indoneia sebenarnya juga tidak mahal, tergantung dari operator masing-masing.

Jarang terjadi kendala terhadap pesan SMS selama ini. Dan jika pun itu terjadi, kemungkinan adalah mengenai pesan SMS yang tidak terkirim. Tapi kendala yang terbilang serius adalah tak dapat menerima Pesan SMS pada ponselnya.

Kejadian seperti itu memang bisa membuat kepala menjadi pusing, apalagi jika sudah mencoba berbagai cara namun hasilnya nihil. Akan tetapi ada cara yang Saya rasa ampuh untuk mengatasi kendala ini. Dan semua itu akan dibagikan pada tulisan ini.

Mengatasi Ponsel Tidak Bisa Menerima SMS

1. Cek Pusat SMS pada Pengaturan

Solusi yang pertama adalah mengecek pusat SMS pada pengaturan perpesanan. Apakah itu sudah diatur dengan benar? Dan kamu bisa bertanya pada operator kartu sesuai yang digunakan untuk mendapatkan kode pusat SMS yang benar.

Untuk mengatur Pusat Pesan SMS, silakan menuju aplikasi Perpesanan, kemudian masuk ke Pengaturan. Silakan cari opsi Pusat Pesan dibagian sana. Contohnya seperti gambaran berikut ini:

Mengecek Pusat Pesan SMS

Karena ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, jadi Saya tidak dapat membagikan langkah-langkah pasti mengenai mengubah Pusat Pesan SMS. Namun opsi tersebut pastinya tersedia pada seluruh ponsel, dan itu berada di Pengaturan Perpesanan.

2. Memastikan Nomor Penerima Tidak Diblokir

Pada sebagian ponsel terdapat fitur keamanan yang berfungsi untuk memblokir pesan-pesan spam. Dan yang diblokir biasanya adalah nomornya, guna supaya pengguna tak lagi mendapatkan pesan dari nomor tersebut secara terus-menerus.

Siapa tahu nomor penerima sedang diblokir sehingga kamu tak bisa menerima SMS darinya. Silakan cek itu pada pengaturan pemblokiran pada aplikasi perpesanan.

Solusi Ponsel Tidak Bisa Menerima Pesan SMS

Selain itu, jika sebelumnya kamu pernah memasang aplikasi untuk memblokir nomor, silakan coba dinonaktifkan terlebih dahulu. Karena kemungkinan itu yang menyebabkan pesannya tidak dapat masuk ke ponselnya.

3. Restart Ponsel

Me-restart ponsel juga cara yang cukup efektif untuk memastikan kendala ini disebabkan dari malfungsi sistem. Karena tak ada sistem yang sempurna, jadi itu dapat bermasalah kapan saja.

Dengan me-restart atau memulai ulang ponsel, memungkinkan kendala malfungsi tersebut akan hilang. Selain itu jaringan dari kartu seluler juga akan diperbarui.

Selain me-restart ponsel, kamu juga bisa mencoba memasang kartunya di ponsel yang lainnya hanya untuk memastikan kendalanya bukan dari ponsel yang biasa digunakan.

4. Kemungkinan Terjadi Trouble

Jika terjadi trouble atau gangguan, harusnya ini juga dialami oleh ponsel lainnya yang menggunakan kartu yang sama. Jadi cobalah tanya ke teman atau kerabat disekitar yang menggunakan kartu yang sama, apakah mereka juga mengalami kendala ini?

Jika ternyata memang terjadi trouble, maka kamu hanya perlu menunggu saja sampai masalah ini dibetulkan oleh operator kartu seluler. Dan biasanya ini hanya mencakup waktu kurang lebihnya 1 sampai 2 jam, setelah itu jaringan akan normal kembali.

Baca juga: Cara Mengganti Aplikasi SMS Default di Android

5. Menghubungi Operator Kartu Seluler

Apabila seluruh hal diatas telah dilakukan dan pesan SMS masih belum masuk juga, maka cara terakhir adalah menghubungi layanan support atau pihak operator masing-masing kartu.

Kamu bisa menghubungi operator kartu dari sosial media seperti Facebook atau Twitter. Tentunya mereka akan membutuhkan beberapa perincian seperti tanggal kejadian, nomor ponsel, dan lain-lain. Silakan ikuti prosedur yang mereka berikan.


Kesimpulannya, pesan SMS harusnya dapat diterima normal selama pengaturan pusat pesan telah diatur dengan benar dan tidak ada pemblokiran nomor penerima pada ponselnya. Saya sangat menyarankan untuk melakukan solusi diatas mulai dari poin yang pertama supaya hasilnya efektif.

Apabila sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai solusi diatas, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment