≡ Menu

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka di PC

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka di PC

Microsoft Store adalah tempat termudah untuk mengunduh aplikasi dan game pada Windows. Secara keseluruhan aplikasi yang tersedia disana dinyatakan aman untuk dipasang. Sama halnya seperti di smartphone, dimana kamu dapat memasang aplikasi tanpa harus mengunduh ke suatu website lagi.

Pastinya akan menjadi masalah bagi beberapa orang ketika Microsoft Store tiba-tiba tak dapat dibuka. Entah itu hanya loading terus atau tertutup secara langsung. Tapi tak usah khawatir karena ada solusi untuk mengatasinya.

Microsoft Store yang tak bisa dibuka biasanya disebabkan karena malfungsi dari program atau versi yang digunakan sudah termasuk lawas. Tapi disisi lain hal ini juga bisa saja terjadi akibat masalah sepele, misalnya penyetelan tanggal dan waktu yang salah pada PC. Dan berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Cek Koneksi Internet dan Masuk Ulang ke Akun Microsoft

Dari banyaknya kasus, Microsoft Store yang tak dapat dibuka dengan normal adalah disebabkan dari koneksi internet yang tidak tersedia, baik itu sedang offline atau jaringan lambat. Untuk itu, cobalah cek kembali apakah koneksi internet yang digunakan sekarang sudah stabil?

Selain mengecek koneksi internet, kamu juga perlu untuk masuk ulang ke akun Microsoft. Dengan begitu seluruh data akun tersebut dapat tersinkron dengan baik pada Microsoft Store dan segalanya akan kembali normal.

2. Perbarui Windows

Silakan cek Windows Update pada pengaturan, apakah memang tersedia pembaruan? Jika ada, silakan langsung saja untuk diperbarui. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan feature update guna untuk mendapatkan build Windows yang terbaru.

Memperbarui Windows

Biasanya pembaruan Windows setiap bulannya mencakup dari beberapa pembetulan dari suatu program bawaan, salah satunya dari Microsoft Store itu sendiri. Jadi sangat penting untuk rutin mengupdate supaya komputer tidak atau jarang bermasalah.

3. Atur Tanggal dan Waktu dengan Benar

Sangat penting untuk mengatur tanggal dan waktu dengan benar supaya Microsoft Store dapat dibuka dengan baik. Jika sekiranya kamu mengaturnya salah, pastinya server akan menolak dan tidak mengizinkan kamu untuk membuka kontennya.

Mengubah Jam dan Tanggal Windows

Pada Windows, kamu dapat mengatur tanggal dan waktu secara otomatis, dengan memilih zona waktu UTC+7 Asia/Jakarta. Dan masalah sejenis ini pun tak hanya ada pada Microsoft Store, tapi seluruh website juga takkan bisa diakses jika tanggal dan waktu di perangkat salah.

4. Hapus Cache pada Microsoft Store

Cache pada dasarnya digunakan untuk mengoptimisasi program guna supaya pengguna bisa membuka konten lebih cepat dari biasanya. Namun ketika file cache tersebut bermasalah, pastinya konten yang dimunculkan akan salah dan berpengaruh pada program.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache terhadap program Microsoft Store. Caranya sangatlah mudah, silakan klik tombol WIN+R dan kemudian ketik perintah dibawah ini:

wsreset.exe

Setelah itu klik ENTER. Selanjutnya command prompt akan tampil sekejap. Dan setelah itu tertutup, Microsoft Store akan langsung terbuka secara otomatis.

Baca juga: Cara Download File Melalui Windows PowerShell

5. Ubah DNS pada Windows

Karena kendala Microsoft Store yang tak bisa dibuka rata-rata mengarah ke koneksi internet, maka kamu dapat mengubah DNS pada komputernya. Dan kegunaan DNS sendiri pada dasarnya sangat penting terhadap koneksi internet, dan apabila kamu masih menggunakan DNS default ISPnya, silakan diganti dengan DNS Google.

Untuk tata cara mengubah DNS di komputer, silakan ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Menuju Windows Settings.
  2. Klik Network & Internet.
  3. Lalu klik pada menu Change Adapter Settings.
  4. Klik kanan pada adapter yang digunakan sebagai internet. Dan pilih Properties
  5. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4.
  6. Pilih Use the following DNS Server addresses. Dan isikan kedua kolomnya seperti ini:

    8.8.8.8
    8.8.4.4
  7. Jika sudah, klik tombol OK.
Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Setelah selesai mengubah DNS, cobalah untuk membuka Microsoft Store kembali. Apakah kini sudah dapat dibuka?


Selain cara diatas, sebenarnya juga ada fitur Troubleshoot terhadap Microsoft Store, namun Saya rasa itu kurang efektif mengingat itu juga sama saja mengecek jaringan internet yang mana sudah dijelaskan pada cara pertama diatas.

Jika ada pertanyaan atau mungkin kamu ingin menambahkan cara lain kecuali diatas, sangat dipersilakan untuk berkomentar pada kolom yang telah disediakan dibagian bawah artikel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap