≡ Menu

Cara Download File Melalui Windows PowerShell

Cara Download File Melalui Windows PowerShell

Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali kegunaan dari Windows PowerShell, salah satunya adalah untuk men-download file langsung dari internet. Walau fungsinya nyaris sama seperti Command Prompt, tapi pada dasarnya PowerShell memiliki kelebihan yang lebih banyak.

Jika di Command Prompt, pengguna akan membutuhkan alat tambahan untuk mengunduh file (seperti WGET). Sedangkan di PowerShell, pengguna bisa langsung memakai fitur/perintah bawaan yang pastinya fungsionalnya mirip dengan WGET tersebut.

Tak cuma tentang mengunduh file saja. Pada PowerShell pun pengguna bisa mengontrol nyaris segala pengaturan hanya dengan kode perintah. Seperti menonaktifkan atau mengaktifkan Windows Defender, menginstall program, atau bahkan menghapus program.

Cara Download File Melalui PowerShell

Cara ini memiliki batasan, dimana kamu hanya bisa mengunduh file melalui direct URL. Jadi pastikan URL dapat diakses tanpa autentikasi supaya dapat diunduh secara sempurna.

Berikut ini perintah untuk mengunduh file melalui PowerShell:

Invoke-WebRequest "https://urlhalaman/download/file.zip" -OutFile C:\file.zip

Dari contoh kode perintah diatas, ketika di-eksekusi akan langsung mengunduh file dan menyimpannya pada drive C dengan nama file.zip. Silakan ubah URL dan juga direktori output filenya.

Dan jika kamu ingin menyimpan file di drive C, pastikan menjalankan PowerShell sebagai administrator supaya output file dapat dibuat dan tidak muncul kesalahan.

Ketika unduhan dimulai, maka akan muncul progess bar yang tampil layaknya sedang menggunakan WGET. Dengan begitu kamu tak perlu cemas sudah sampai berapa proses unduhannya berlangsung.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui PowerShell

Tambahan: Download dan Unzip Otomatis dengan PowerShell

Seperti yang Saya katakan diatas bahwa PowerShell memiliki kelebihan tersendiri ketimbang Command Prompt. Dan salah satu kelebihan lainnya adalah dapat meng-extract file yang ada di arsip ZIP dengan mudah.

Contoh kode dibawah ini adalah gabungan dari kode perintah untuk mengunduh file diatas, sehingga kamu bisa menyesuaikan nama filenya dan juga direktori letak file arsip itu di-extract.

Invoke-WebRequest "https://urlhalaman/download/file.zip" -OutFile C:\file.zip; Expand-Archive -LiteralPath C:\file.zip -DestinationPath C:\letak_extract\

Sebenarnya cara ini hanya menggunakan 2 perintah saja yang digabung menjadi satu line, sehingga terlihat praktis. Dua perintah itu adalah Invoke-WebRequest yang berfungsi untuk mengambil isi konten dari URL yang dituliskan. Dan satunya lagi adalah Expand-Archive yang berfungsi untuk mengelola file ZIP, atau dalam kasus ini adalah untuk meng-extractnya.

Jadi sampai sini apakah kamu sudah mengerti bagaimana cara mengunduh file dengan Windows PowerShell? Masih ada banyak sekali hal lainnya yang dapat kamu lakukan pada Windows PowerShell untuk mempercepat pengerjaan. Sebagian dari itu akan terus dibagikan di Blog Second.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap