≡ Menu

Solusi Buka Mobile Legends Cuma Loading Terus

Solusi Buka Mobile Legends Cuma Loading Terus

Disaat membuka game Mobile Legends, akan tampil splash screen beserta proses loading yang hanya berlangsung beberapa detik. Namun ada kalanya proses loading tersebut tidak berjalan yang menyebabkan pengguna tidak bisa masuk ke dalam game. Apakah kamu mengalami masalah ini juga?

Proses loading tersebut bermaksud untuk mengecek resource game. Sehingga jika dirasa terdapat file yang tidak lengkap, sistem akan langsung mengunduhnya saat itu juga. Di lain sisi, proses loading itu juga digunakan untuk menghubungkan perangkat ke server game.

Jadi apabila kamu mengalami masalah sejenis ini, ada dua hal yang bisa menjadi faktor yang menyebabkannya. Pertama adalah disebabkan karena server Mobile Legends yang tidak merespon, atau yang kedua adalah kendala jaringan pada ponsel yang digunakan. Dan artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

1. Hapus Cache di Game Mobile Legends

Cache merupakan file sementara yang ditujukan untuk mengoptimisasi laju aplikasi dan juga bisa digunakan untuk menghemat data penggunaan, namun terkadang file cache yang tidak terbentuk sempurna dapat mengakibatkan masalah ini terjadi.

Walau file Cache pada dasarnya akan terhapus secara otomatis dalam kurun waktu 1 minggu, namun kamu juga bisa menghapusnya secara manual melalui Pengaturan.

Silakan menuju Pengaturan Aplikasi dan ketuk game Mobile Legends. Selanjutnya ketuk tombol Hapus Cache.

Setelah melakukannya, cobalah untuk membuka game kembali, apakah kini sudah dapat terbuka dengan normal? Jika belum, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Gunakan Jaringan Internet yang Stabil

Jaringan yang tak stabil hanya akan membuat proses pengkoneksian ke server menjadi bermsalah. Selain itu, kualitas koneksi internet yang buruk juga akan menganggu permainan, memungkinkan PING tidak stabil dan player akan mengalami lag beberapa kali.

Untuk itu, cobalah untuk menyetabilkan jaringan terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa menggunakan jaringan yang lainnya. Misalnya dari WiFi berpindah menggunakan Data Seluler.

Dan hindari penggunaan VPN saat bermain game, sebab PING yang didapat akan semakin tinggi dari sebelumnya.

Sedikit tips dari Saya untuk memperstabil jaringan, cobalah untuk me-restart router apabila menggunakan WiFi. Dan jika menggunakan data seluler, silakan aktifkan mode pesawat dan kemudian menonaktifkannya lagi.

Jangan lupakan juga bahwa banyaknya signal yang didapat akan sangat penting untuk memperoleh kestabilan yang maksimal.

3. Kemungkinan Kesalahan dari Server Mobile Legends

Jangan terus-menerus menyalahkan ponselnya atas kendala ini, karena bisa saja masalahnya terjadi pada server Mobile Legends. Untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa bertanya ke teman di sekitar, apakah di ponsel mereka juga tak bisa masuk ke dalam game.

Mobile Legends biasanya akan menampilkan notifikasi pada layar jika kendala ini berlangsung dalam waktu yang tergolong lama. Selain itu, mereka pun juga akan memberitahukan ke para player yang lain melalui halaman sosial media, baik di Facebook, Twitter, atau Instagram.

Jadi ketika masalah ini terjadi dari server game, kamu hanya bisa menunggu pembaruan terkait perkembangan yang dilakukan oleh pihak game di sosial media. Dari banyaknya kasus, hal ini tidak akan lama.

Kecuali jika terdapat maintenance yang telah dijadwalkan, pastinya Mobile Legends akan memberitahukan kapan tepatnya para player dapat kembali membuka game secara normal.

Baca juga: Berbagai Cara Mendapatkan Redeem Code Mobile Legends


Hanya tiga solusi diatas yang dapat kamu ikuti untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi sebaiknya jangan berfikiran bahwa ponsel yang kamu gunakan yang bermasalah, karena siapa tahu masalahnya ada pada server gamenya.

Kamu juga tidak harus untuk melakukan re-install, mengingat ukuran data game sangat besar apabila diunduh dari awal. Jadi cukup ikuti beberapa solusi sederhana diatas, pasti kendalanya akan terselesaikan.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap