≡ Menu

Cara Cepat Memperbaiki File Tekstur yang Hilang di Blender

Cara Cepat Memperbaiki File Tekstur yang Hilang di Blender

Walau Blender menyediakan fitur untuk melakukan packing setiap tekstur dan lain-lain menjadi satu file projek saja, tapi kebanyakan orang lebih memilih untuk membuat file tekstur terpisah supaya mudah untuk di-edit kembali.

Sautu saat jika projek itu dikirimkan ke komputer lain, pasti akan mengalami kehilangan tekstur akibat direktori file yang salah, sehingga akan muncul bagian yang berwarna pink yang mengindikasikan bahwa terdapat file tekstur yang hilang atau tidak diatur dengan benar.

Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengatur ulang direktorinya untuk setiap file tekstur. Namun untuk melakukan itu secara manual pastilah membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika terdapat puluhan file tekstur yang harus diatur ulang dalam projek.

Tapi tak usah khawatir, karena pada Blender telah disediakan opsi otomatis untuk mencari file tekstur yang hilang, sehingga segala file tersebut dapat dicari dengan cepat.

Memperbaiki File Tekstur Hilang di Blender Secara Cepat

Sebelum melakukan ini, pastikan file tekstur sudah disiapkan menjadi satu dalam folder, sehingga nantinya dapat dicari dengan cepat oleh sistem. Dan pastikan juga nama file tekstur yang ada di projek juga sama.

  1. Buka projek di Blender.
  2. Klik opsi Files.

    Klik Opsi Files

  3. Kemudian klik menu External Data.

    Klik Menu External Data

  4. Selanjutnya klik sub-menu Find Missing Files.

    Memperbaiki File Tekstur yang Hilang di Blender

  5. Pilih letak folder yang berisi file tekstur yang hilang.

    Pilih Letak Folder Tekstur

  6. Kemudian klik tombol Find Missing Files.

    Klik Tombol Find Missing Files

  7. Selesai, sekarang pasti file tekstur telah kembali dan tidak muncul pink lagi.

Fitur Find Missing Files yang ada di Blender hanyalah fitur yang mencocokkan nama file yang ada di projek, jadi jika misalnya nama file tekstur berbeda, kemungkinan pengguna harus mengaturnya secara manual.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Model 3D di Android

Mengapa Masih Muncul Pink untuk Sebagian Objek?

Pastikan kembali bahwa file tekstur yang kamu miliki telah lengkap dan memiliki nama yang sama dengan yang ada di projek. Dan jika file berada di banyak folder, cobalah untuk memindahkannya menjadi satu folder saja.

Dengan begitu sistem akan cepat mendeteksi dan kamu tidak perlu memilih banyak folder. Nantinya notifikasi juga akan muncul di Blender apabila terdapat file tekstur yang masih tidak ditemukan, sehingga kamu bisa mengeceknya lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment