≡ Menu

Cara Memblokir Situs Tertentu di Komputer Windows

Pernahkah kamu memikirkan untuk memblokir suatu situs supaya itu tak dapat diakses di komputer/laptop? Sebagai contohnya seperti situs web yang meresahkan atau mengganggu, atau barangkali memblokir situs video streaming supaya kuota data tetap aman. Pastinya itu tergantung dari kebutuhan pengguna sendiri.

Memblokir situs web di komputer Windows sangatlah mudah. Faktanya kamu tidak perlu untuk memasang program lagi dan bisa melakukannya dengan mudah. Yang diperlukan hanyalah mengalihkan atau mengedit satu file saja.

File tersebut adalah Host. Dan tak cuma di Windows saja, bahkan di Linux pun juga tersedia file Host tersebut yang berguna sebagai mapping domain dengan IP yang sesuai. Tapi jika kamu mengatur IP yang salah pada suatu domain, pastinya domain itu takkan bisa diakses. Dan metode inilah yang akan dipakai.

Tutorial Memblokir Situs Web Tertentu di Windows

Dari Windows versi lama sampai sekarang (Windows 10), file host ini terletak di direktori yang sama. Dan untuk mengedit file tersebut bisa melalui Notepad, tapi pastikan kamu menjalankan Notepad sebagai administrator supaya dapat menyimpan filenya nanti. Alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan program Notepad++.

Dan berikut ini langkah mudah untuk memblokir suatu website di Windows:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Silakan menuju direktori C:\Windows\System32\drivers\etc.

    Menuju Direktori Host Windows

  3. Klik kanan pada file host dan pilih Edit with notepad++.

    Klik Kanan pada File Host

  4. Setelah itu tambahkan baris dibawah ini untuk memblokir suatu situs:

    0.0.0.0 alamatsitusweb.com

    Silakan ubah alamatsitusweb.com dengan domain website yang ingin diblokir.

    Memblokir Situs Tertentu di Komputer Windows

  5. Setelah itu simpan filenya.

Seketika website yang kamu tambahkan seperti format diatas akan tak bisa diakses. Hal tersebut karena domain tersebut telah diatur supaya masuk ke alamat IP yang salah, sehingga hasilnya koneksi internet takkan merespon saat mengaksesnya.

Jika kamu belum memasang program Notepad++, bisa juga kok mengedit melalui Notepad. Yaitu jalankan terlebih dahulu program Notepad sebagai administrator. Kemudian klik opsi File > Open dan menuju direktori file host tadi. Nah supaya semua file muncul, silakan atur pada opsi Format sebagai All Files. Pastinya file host akan langsung muncul dan bisa di-edit.

Menghapus Pemblokiran

Apabila dirasa sudah tidak perlu untuk memblokir suatu situs, kamu bisa mengembalikan lagi ke semula dengan cara yang sangat mudah. Yaitu cukup menghapus saja format yang sudah ditambahkan pada file Host sebelumnya.

Setelah itu dihapus, pasti situs tersebut akan langsung dapat diakses kembali. Tapi jika sekiranya masih belum bisa diakses, silakan hapus cache pada browser yang dipakai dan kemudian coba akses kembali.

Baca juga: Cara Membuka Web yang Diblokir Internet Positif

Kesimpulan

Tak perlu memasang program khusus untuk memblokir suatu website, karena hanya dengan menambahkan sedikit teks pada file Host saja sudah mampu untuk melakukan itu. Dan bahkan cara ini pun juga bisa diterapkan untuk memblokir akses game online lho.

Secara keseluruhan yang kamu butuhkan hanyalah alamat/domain situs yang ingin diblokir. Setelah mengetahui itu, langsung saja menambahkannya ke file Host sesuai format yang dijelaskan diatas tadi.

Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan mengenai cara yang dibagikan diatas, jangan ragu untuk berkomentar untuk mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap