Solusi Suara Audio Tidak Terdengar di Premiere Pro

Adobe Premiere Pro tidak hanya digunakan untuk mengedit video saja, namun juga bisa dipakai untuk mengedit audio. Kegunaan dari audio terhadap video juga sangat penting untuk mempresentasikan alur yang ada di video, entah itu dengan musik atau ucapan.

Salah satu kesalahan yang kadang terjadi pada Adobe Premiere Pro adalah suara audio yang tidak terdengar atau hilang. Jadi pada saat di-render, hasil video tidak memiliki suara sama sekali. Tetapi jangan khawatir, karena masalah ini dapat diperbaiki.

Mengatasi Suara Tidak Terdengar pada Premiere Pro

Jika masalahnya suara tidak terdengar sama sekali, kemungkinan hal ini dikaitkan dari sisi driver yang mengalami kesalahan atau keliru dalam pemilihan di pengaturan. Secara total ada dua solusi yang dapat saya berikan mengenai kendala ini, silakan simak tata caranya di bawah ini:

Memilih Ulang Driver Audio

Kesalahan dalam memilih driver audio dapat menyebabkan suara tidak terdengar pada saat mengedit atau bahkan me-render. Selama tidak ada kerusakan yang terjadi pada driver, maka kamu bisa memilih ulang drivernya dengan benar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Adobe Premiere Pro.
  2. Silakan menuju menu Edit > Preferences > Audio Hardware.
  3. Setelah itu klik pada opsi Default Output.
  4. Pilih driver yang sesuai yang terpasang pada perangkat.

    Memilih Driver yang Sesuai

  5. Apabila sudah, klik tombol OK.

Penjelasannya, driver output berfungsi untuk mengatur keluaran suara terhadap audio yang diputar, jadi muncul tidaknya suara tergantung dari driver yang kamu pilih. Boleh-boleh saja mencoba satu-per-satu driver yang tersedia untuk mengetahui driver mana yang berfungsi dengan benar.

Akibat Fitur Mute Diaktifkan pada Segmen Audio

Semua orang tentu sudah mengerti bahwasanya ketika fitur mute aktif, maka otomatis suara tidak akan terdengar meski volume dibesarkan maksimal. Jika di Adobe Premiere Pro, fitur mute ini terletak pada segmen audio dengan indikator huruf M.

Pada saat fitur mute aktif, indikator tersebut akan berwarna hijau. Jadi untuk menonaktifkannya adalah meng-klik ulang fitur mute itu supaya suara kembali terdengar.

Dalam kasus lainnya, suara tidak terdengar juga bisa dikarenakan karena volume tidak diatur dengan benar pada Master Volume atau di channel tertentu. Ini bisa diatur kembali melalui Audio Track Mixer yang ada di Premiere Pro.

Volume Tidak Diatur dengan Benar

Baca juga: Cara Menambah Efek dari File MOGRT di Premiere Pro

Kesimpulan

Suara yang bermasalah pada Adobe Premiere Pro bisa disebabkan oleh dua hal, antara lain adalah kesalahan dalam pemilihan driver keluaran audio, atau terdapat setelan yang keliru pada saat mengedit, yakni mengaktifkan fitur mute atau mengecilkan volume secara tidak sengaja.

Jika kendalanya dari kerusakan driver, rata-rata video yang di-render masih bisa dengan normal mengeluarkan suara, akan tetapi perangkat tersebut saja yang tidak bisa dipakai untuk memutar video dengan suara. Sedangkan di perangkat lain pastinya suara video akan terdengar normal.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *