≡ Menu

Cara Tukar Koin Kripto di Changelly

Changelly adalah layanan penukaran mata uang kripto instan dengan harga yang bersahabat. Changelly mendukung banyak sekali koin yang bisa ditukar, memungkinkan kamu bisa mendapatkan sesuai kebutuhan.

Kinerja dari layanan tersebut nyaris sama seperti melakukan penukaran di situs jual beli koin kripto, hanya saja lebih mudah dan juga prosesnya instan. Maksud dari instan adalah pengguna tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menukarkan koin.

Rate atau Harga yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh dengan harga asli koinnya, namun tentunya terdapat perbedaan fee yang kemungkinan ini digunakan oleh Changelly untuk mendapatkan sedikit keuntungan dari setiap pengguna atas jasanya.

Apakah Aman Menukar Koin di Changelly?

Dari pengalaman Saya sendiri, Changelly termasuk layanan yang terpercaya. Sudah beberapa kali Saya menggunakan jasanya untuk menukar beberapa koin ke Monero dan berjalan lancar tanpa ada kendala sekalipun.

Changelly juga kerap digunakan pada layanan dompet terkenal untuk menukar koin secara intan. Salah satu contohnya ada pada dompet Coinomi. Selain itu, mereka juga memiliki banyak sekali layanan support yang siap membantumu kapan saja ketika hendak ber-transaksi.

Dan satu lagi, layanan ini juga memiliki aplikasi Android yang dapat memudahkan kamu untuk menukarkan koin secara cepat melalui ponsel. Banyak sekali ulasan bagus oleh pengguna karena mereka puas menggunakannya.

Cara Menukar Koin Kripto di Changelly

Saat ini Changelly mendukung kurang lebihnya 150 mata uang kripto. Itu sangat banyak dan pastinya koin populer tersedia disana. Artikel ini akan menjelaskan tata cara untuk melakukannya, dan disini contohnya Saya ingin menukar koin DGB (Digibyte) ke XMR (Monero).

  1. Buka website Changelly.
  2. Pada kolom You Send, pilih koin dan juga ketik nominal saldo yang akan ditukarkan.

    Pilih Koin yang Akan Ditukar

  3. Kemudian di kolom You Get Approximately, pilih koin yang diinginkan.
  4. Lanjutkan klik tombol Exchange Now.
  5. Sekarang gulir kebawah dan isikan kolom Recipient Address dengan alamat dompet koin tujuan.

    Tulis alamat Dompet Tujuan

  6. Centang pada persetujuan, dan klik tombol Next Step.
  7. Selanjutnya isikan kolom Email dengan alamat email. Karena pengguna harus mendaftar.

    Isi Kolom Email untuk Mendaftar

  8. Lalu centang pada kotak checkbox persetujuan, dan klik tombol Sign up & Make Payment.
  9. Kini kamu harus mengirim saldo ke alamat yang tertera pada layar dengan nominal yang sesuai.

    Cara Menukar Koin Kripto di Changelly

  10. Jika saldo sudah dikirim, kini halaman akan langsung ter-muat ulang, dan kamu hanya perlu menunggu saja sampai prosesnya selesai.
  11. Apabila sudah selesai, kamu akan menerima pesan email dari Changelly yang menyatakan proses penukaran koin telah berhasil dan selesai.

    Proses Penukaran Telah Berhasil dan Selesai

Untuk pertama kali melakukannya, mungkin itu akan terasa lama. Akan tetapi sebenarnya tutorial diatas sangatlah cepat dan tidak sampai 5 menit sudah selesai. Dan setelah kamu mengirim saldo, sebenarnya kamu juga bisa menutup halaman transaksi itu tanpa perlu menunggu sambil membukanya.

Karena nantinya kamu masih bisa mengeceknya melalui history akun untuk mengetahui sudah sampai mana proses penukarannya. Estimasi waktu yang diperlukan kurang lebihnya 30 menit saja dan saldo pastinya sudah masuk di dompet koin kamu.

Baca juga: Cara Menukar Monero Menjadi Bitcoin dengan Cepat

Berapa Lama Proses Penukaran?

lamanya proses penukaran tergantung dari banyaknya konfirmasi yang dibutuhkan pada koin yang ingin kamu tukarkan. Dan estimasi untuk menunggu konfirmasi adalah sekitar 10 menit. Jadi apabila transaksi sudah mendapatkan cukup konfirmasi, maka sistem Changelly akan langsung menukarkannya ke koin yang kamu inginkan.

Setelah proses penukaran selesai, sistem akan melanjutkan untuk mengirimkan saldo dan juga memotongnya dengan biaya fee yang bisa dilihat pada layar. Dan setelah saldo tersebut dikirim serta mendapatkan ID transaksi, disitulah proses penukaran ditandai sebagai berhasil.

Transaksi Berhasil di Changelly

Bagaimana Jika Proses Penukaran Berlangsung Sangat Lama?

Changelly didedikasi sebagai layanan penukaran instan, jadi apabila proses penukaran berlangsung lama, misalnya lebih dari 5 jam, tentunya terdapat masalah teknis yang menyebabkan kendala itu.

Solusinya adalah menghubungi layanan support melalui live chat. Silakan berikan ID transaksi pada Changelly supaya mereka dapat mengeceknya. Kemudian mereka akan mengatakan kendala sebenarnya terhadap penukarannya.

Sampai saat ini Saya tidak pernah mengalami kendala pada saat menggunakan Changelly, jadi Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana persisnya prosedur yang dibutuhkan. Akan tetapi apabila Changelly merasa transaksi kamu ada yang tidak beres, kemungkinan kamu akan diminta untuk melakukan KYC.

Kesimpulan

Menukar koin dapat dilakukan dengan cepat pada Changelly, karena konfirmasi yang dibutuhkan tidak besar. Inilah yang membuat lyanan tersebut dijuluki sebagai penukar mata uang kripto instan.

Selain Changelly, juga masih ada banyak sekali situs web yang sejenis. Tapi beberapa dari itu membutuhkan pengguna untuk melakukan KYC, yang mana itu sangat ribet. Sedangkan di Changelly, pengguna tidak memerlukan KYC selama tidak ada kecurigaan terhadap transaksi yang dilakukan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap