Cara Mengatasi Video Premiere Pro Hijau Bergaris

Masalah garis hijau pada Premiere Pro bisa menjadi hal yang fatal apabila terus untuk dikerjakan, khususnya ketika merender video dengan durasi yang panjang. Sebagian orang mengira hal ini hanya mengefek pada pratinjau saja, namun pada dasarnya hal ini juga berpengaruh pada saat proses me-render.

Berbeda dengan warna ungu yang normalnya disebabkan karena program tidak mendeteksi file yang tertaut pada projek video. Atau sederhananya terdapat file hilang yang masih terhubung pada projek dan belum dibetulkan atau dihilangkan. Sedangkan warna atau garis hijau ini bisa disebabkan dari dua hal, yaitu antara file cache dan versi integrated graphics.

Solusi Muncul Garis Hijau pada Premiere Pro

Pada artikel ini, saya akan memberikan solusi untuk mengatasi warna garis hijau yang tampak pada pratinjau video dan begitupula ketika video sudah di-render. Masalah ini dapat diatasi dengan setidaknya 3 solusi saja. Langsung saja silakan terapkan mulai dari yang pertama.

1. Bersihkan Cache pada Premiere Pro

Dimulai dari cara yang paling mudah, yaitu membersihkan berkas cache yang masih menempel pada Premiere Pro. Karena siapa tahu masalah ini disebabkan karena file cache tersebut pada pratinjau video sehingga meski diulang selalu muncul garis hijau.

Untuk menghapus cache sangatlah mudah, silakan menuju menu Edit > Preferences > Media Cache.

Membersihkan Cache Premiere Pro

Setelah cache berhasil dibersihkan, silakan buka kembali projectnya, dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum. Dan apabila masih ada, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Mengatur Playback Sebagai CUDA

Masalah sejenis ini lebih sering dialami oleh pengguna yang mendapati notif tidak kompatibel pada awal kali membuka program Premiere Pro. Dan yang tidak kompatibel adalah integrated graphic yang terpasang pada perangkatnya, namun berbeda dengan GPU tambahan (apabila ada).

Jadi solusinya adalah mengatur ulang jenis playback untuk menggunakan GPU tambahan dan bukan integrated. Sebagai contohnya adalah memakai CUDA apabila saat ini memakai kartu grafis NVIDIA.

Untuk mengaturnya silakan menuju menu File > Project Settings > General.

Mengatur Playback ke CUDA

Apabila sudah mengaturnya, silakan langsung cek pratinjau video yang akan di-render. Seharusnya sekarang sudah tidak muncul garis hijau pada video.

3. Upgrade Versi Driver GPU

Solusi ketiga dapat diterapkan sebagai alternatif, karena normalnya menerapkan dua langkah di atas sudah dapat mengatasi masalah ini. Kecuali jika memang versi driver GPU yang digunakan tergolong lawas, maka hal tersebut memungkinkan kendala semacam ini dapat terjadi.

Untuk meng-upgradenya, silakan ikuti panduan berdasarkan merk GPU yang digunakan. Ada yang Intel, NVIDIA, AMD, dan lain-lain. Dan saya tak dapat memberikan keseluruhan caranya di sini karena akan menjadi sangat panjang sekali.

Jika memakai perangkat laptop, coba hubungi layanan support merk laptopnya, terkadang mereka mau memberikan informasi terkait tata cara melakukan upgradenya secara mandiri tanpa harus datang ke service center

Baca juga: Mengatasi Segmen Audio Tidak Muncul di Premiere Pro

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa solusi yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi masalah garis hijau pada Premiere Pro. Kebanyakan hal ini terjadi karena masalah integrated graphic yang belum diperbarui sehingga harus menggunakan GPU tambahan untuk me-render dan begitupula untuk menampilkan pratinjau. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin sesuatu yang ingin ditambahkan terkait solusi di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *