Cara Mematikan Getaran Keyboard di HP Android

Cara Mematikan Getaran Keyboard di HP Android

Pernahkah kamu merasa terganggu atau tidak nyaman dengan getaran yang muncul saat mengetik di HP Android. Getaran keyboard ini dinamakan sebagai fitur haptic feedback, dan itu bisa dinonaktifkan selama tidak ingin menggunakannya.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mematikan efek getaran keyboard ini. Salah satunya seperti menghemat baterai, mengurangi gangguan khususnya di tempat yang sunyi, dan meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan ponsel. Di sini, saya akan membagikan sedikitnya dua cara untuk mematikan getaran pada keyboard Android. Ingin tahu lebih lanjut? Silakan simak baik-baik mulai dari sini.

Cara Mematikan Getaran Keyboard di Android

1. Melalui Pengaturan di Ponsel

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah mengubah setelan tertentu pada pengaturan ponsel. Cara ini bisa diterapkan untuk semua jenis dan merk HP Android. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di HP Android kamu.
  2. Kemudian menuju menu Bahasa dan Input.

    Ketuk Menu Bahasa dan Input

  3. Pilih keyboard yang kamu gunakan, misalnya Samsung Keyboard.
  4. Selanjutnya ketuk menu Umpan Balik Sentuhan.

    Menuju Menu Umpan Balik Sentuhan

  5. Dan nonaktifkan opsi Getar.

    Menonaktifkan Opsi Getar

Dan selesai, kini silakan coba untuk mengetik pada keyboard. Pasti getarannya sudah hilang.

Baca juga: Cara Menampilkan Tombol yang Ditekan di Keyboard

2. Menggunakan Mode Hening

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan mode hening atau silent. Dengan mode ini, seluruh efek audio pada ponsel akan dinonaktifkan. Langsung saja ikuti cara mengaktifkannya di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Suara dan Getar.
  3. Kemudian pada profil yang disediakan, pilih sebagai Hening.

Menggunakan Mode Hening untuk Menonaktifkan Getaran Keyboard

Selain melalui pengaturan, kamu juga bisa mengaktifkan mode hening pada panel notifikasi, tepatnya pada ikon suara/getar. Menurut saya itu jauh lebih praktis dibanding melalui pengaturan. Tapi ketahui juga bahwa mengaktifkan mode hening juga berdampak pada hal-hal lainnya, seperti tidak ada suara ketika ada panggilan masuk. Jadi gunakan metode ini hanya pada kondisi tertentu saja.

Kesimpulan

Efek getaran pada keyboard dapat mengganggu bagi sebagian orang. Untuk itu, menonaktifkannya merupakan cara yang paling tepat. Di atas terdapat dua cara yang dapat kamu coba. Cara pertama lebih disarankan karena dapat mematikan sepenuhnya efek getaran tersebut.

Sedangkan cara kedua bisa menjadi alternatif ketika ingin menonaktifkan efek getaran secara sementara, misalnya pada kondisi sedang rapat atau sejenisnya sehingga nantinya ketika sudah selesai bisa diaktifkan kembali dengan mudah.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *