Cara Tes Getaran di HP Android

Cara Tes Getaran di HP Android

Apakah kamu merasa getaran di HP terasa berbeda dari biasanya? Entah itu terlalu lemah atau mungkin terlalu kuat? Nah, jangan khawatir karena kali ini saya akan membahas cara tes getaran di HP Android secara lengkap dan mudah.

Sebelum masuk ke caranya, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang getaran pada HP. Getaran pada HP adalah salah satu fitur penting yang berguna untuk memberikan notifikasi kepada para pengguna. Namun, jika getaran itu tidak berfungsi dengan baik, maka kita bisa kehilangan berbagai informasi yang masuk dari setiap pemberitahuan. Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan tes getaran terhadap ponsel untuk mengetahui apakah itu sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Langkah-langkah Tes Getaran di HP Android

Setelah kita memahami pentingnya untuk mengetes getaran di HP Android, sekarang saatnya kita mencoba untuk menerapkannya. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama “Vibrate Tester“. Aplikasi itu tersedia secara gratis di Play Store. Dan setelah kamu berhasil memasangnya di ponsel, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Vibrate Tester yang baru saja diunduh tadi.
  2. Kemudian tekan menu Phone Vibrate untuk memulai tes getaran.

    Tekan Menu Phone Vibrate

  3. Pada bagian Custom Vibrate, silakan atur seberapa lama tes getaran akan berlangsung.

    Mengetes Getaran di HP Android

  4. Sekarang klik tombol Vibrate di sebelhanya dan biarkan aplikasi bekerja sesuai waktu interval yang kamu pilih.
  5. Jika getaran berlangsung sesuai waktu, itu tandanya getaran pada ponsel terbilang normal.

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan tes getaran di HP kamu. Selain mengukur berdasarkan waktu getaran berlangsung, di aplikasi tersebut juga tersedia opsi untuk mengetes getaran berupa Click, Tick, Double Click, dan Heavy Click. Mungkin itu juga perlu kamu terapkan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Mengatasi Masalah Getaran di HP Android

Ada beberapa solusi yang dapat kamu coba sebelum membawa ponselnya ke tempat servis untuk mengatasi getaran yang tidak bekerja dengan baik. Pertama adalah memeriksa di Pengaturan. Beberapa ponsel memiliki opsi untuk mengatur intensitas getaran, sehingga itu bisa diatur sebagai lebih kuat atau lemah, atau mungkin fitur getarannya sedang dinonaktifkan.

Dan jangan pernah lupakan tentang merestart ponsel, karena itu juga dapat menyelesaikan berbagai masalah kecil.

Jika itu masih belum berhasil juga, maka lakukan reset pabrik pada ponsel. Pastikan untuk mencadangkan semua data dan file penting sebelum melakukannya. Masalah fungsi getaran sering kali dapat diselesaikan dengan cara ini.

Hingga pada akhirnya apabila mereset pabrik masih belum berhasil juga, itu tandanya terdapat kerusakan pada hardware di dalam ponsel. Cara ini akan lebih cepat diselesaikan oleh teknisi ponsel. Dan setidaknya kamu sudah berusaha untuk mengatasinya secara mandiri.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Getar pada Notifikasi Tertentu di Android

Kesimpulan

Fungsi getaran yang tidak berfungsi dengan baik memang menjadi kendala tersendiri oleh sebagian orang, khususnya dalam menerima notifikasi seperti panggilan atau pesan penting. Dengan mengetahui getaran berfungsi tidaknya, kamu dapat mengatasi masalah ini lebih awal supaya hal buruk tidak akan terjadi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *