Cara Scan Foto Paling Mudah di Android

Cara Scan Foto Paling Mudah di Android

Melakukan scan foto biasanya dapat dilakukan memakai alat seperti printer. Tapi di jaman yang sudah modern ini, melakukan hal tersebut bisa langsung dari HP saja. Walau memang di HP sudah ada kamera beserta aplikasinya, namun itu masih kurang jika digunakan untuk melakukan scan, khususnya foto dokumen yang berisi banyak teks.

Nah supaya teks pada foto dapat terlihat jelas, perlu dilakukan pengeditan terlebih dahulu untuk meningkatkan ketajaman gambar. Akan tetapi jika mengedit satu per satu akan memakan waktu lama, maka dari itu di sini akan saya bagikan cara mudah untuk melakukan scan foto dengan kualitas tinggi di HP Android.

Tutorial Scan Foto di HP Android

Jadi ada aplikasi bernama CamScanner, aplikasi tersebut yang akan digunakan pada tutorial kali ini, untuk itu silakan pasang terlebih dahulu aplikasinya melalui Play Store. Sedikit informasi, bahwa CamScanner adalah salah satu aplikasi scan foto dan dokumen yang cukup populer untuk Android. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Kamu bisa scan foto dalam mode satuan atau batch (banyak sekaligus). Kamu juga bisa mengedit hasil scan agar terlihat lebih jelas dengan berbagai fitur yang dimilikinya, seperti crop, rotate, filter, watermark, dan lain-lain. Aplikasi ini juga bisa menghasilkan scan foto dengan format yang beragam, seperti PDF, JPG, PNG, dan lain-lain. Berikut adalah cara scan foto dengan CamScanner:

  1. Pertama-tama, siapkan foto yang ingin di-scan.
  2. Kemudian buka aplikasi CamScanner.
  3. Ketuk ikon kamera pada bagian pojok bawah.

    Klik Ikon Kamera

  4. Pindai dan ambil foto yang ingin di-scan.
  5. Apabila sudah, sesuaikan proses pemotongan gambar dan ketuk opsi Berikutnya.

    Memotong Scan Foto

  6. Pilih pada filter warna ajaib dan ketuk pada opsi centang.

    Memilih Filter Warna Ajaib di CamScanner

  7. Untuk menyimpannya, ketuk pada opsi centang di bagian kanan atas.

    Menyimpan Hasil Scan

  8. Kemudian pilih hasil scan foto yang akan disimpan, dan ketuk pada opsi Simpan ke Galeri.

    Menyimpan ke Galeri Hasil Scan Foto Menggunakan CamScanner

  9. Selesai, kini hasil scan foto telah tersimpan di Galeri.

CamScanner menyediakan beberapa filter untuk memaksimalkan hasil scan foto yang telah dipotong. Pada tutorial di atas, saya menyarankan untuk menggunakan filter warna ajaib karena itu akan menajamkan gambar lebih baik, jadi tulisan dan warna akan terlihat lebih jelas dan terang.

Baca juga: Cara Menganalisa Dokumen PDF dengan Bing AI

Kesimpulan

Hanya butuh satu aplikasi saja sudah dapat melakukan scan foto atau dokumen dengan kualitas yang terbaik. Aplikasi CamScanner tersebut dapat digunakan secara gratis, dan setiap pengguna diberikan akses 200MB gratis penyimpanan cloud.

Ada pun paket premium yang memberikan lebih banyak fitur, seperti scan KTP, penyimpanan cloud lebih besar, dan masih banyak lagi. Oh iya, untuk para pelajar juga diberikan akses gratis premium selama 30 hari, dan yang diperlukan adalah email yang diberikan dari pihak sekolah untuk mendaftar akun.

Cukup sekian dari artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *