Cara Mengaktifkan Penghematan Daya di Telegram

Cara Mengaktifkan Penghematan Daya di Telegram

Tahukah kamu jika Telegram menyediakan opsi untuk menghemat baterai? Opsi tersebut dapat diaktifkan apabila kondisi baterai di ponsel sedang minim sehingga beberapa animasi akan dimatikan demi menjaga konsumsi baterai tetap rendah ketika memakai Telegram.

Animasi tersebut meliputi stiker, GIF, video, transisi, dan sebagainya. Jika animasi tersebut dinonaktifkan, maka tak hanya bisa dipakai untuk menghemat baterai saja, namun juga membuat kinerja ponsel lebih cepat ketika mengakses Telegram. Karena terkadang satu grup atau channel di Telegram berisi animasi yang sangat banyak sehingga daya baterai cepat terkuras.

Mengaktifkan Fitur Penghematan Daya di Telegram

Fitur penghematan baterai ini tersedia di aplikasi Telegram ponsel dan PC (khususnya Laptop). Dan untuk mengaktifkannya pun keduanya nyaris sama. Sementara itu, langkah-langkah yang saya jelaskan di sini diterapkan menggunakan aplikasi Telegram di ponsel, silakan ikuti dengan baik tutorialnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Ketuk opsi strip tiga dan pilih menu Pengaturan.

    Ketuk Opsi Titik Tiga dan Menuju Pengaturan Telegram

  3. Setelah itu menuju menu Penghematan Daya.

    Ketuk Menu Penghematan Daya Telegram

  4. Pada opsi Mode Hemat Daya, silakan geser dari Mati ke Nyala.

    Mengaktifkan Fitur Penghematan Daya di Telegram

  5. Selesai, kini penghematan daya telah berhasil diaktifkan.

Sesaat ketika mode hemat ini aktif, seluruh animasi pada aplikasi Telegram akan dibatasi. Misalnya stiker, emoji, dan gambar GIF hanya akan bergerak satu kali saja dan kemudian tidak lagi. Begitupula dengan efek transisinya juga akan ditiadakan kecuali mode hemat ini dinonaktifkan.

Seberapa Efektif Mode Hemat Daya di Telegram?

Menghilangkan efek animasi dan pemutaran otomatis pada beberapa hal memang dapat sedikit mengurangi tingkat konsumsi baterai khususnya pada grup yang memiliki ratusan ribu anggota di dalamnya.

Tidak kebayang berapa banyak pesan berbentuk stiker yang dikirimkan tiap menitnya, hal itulah yang dapat mengonsumsi baterai lebih banyak. Ini merupakan fitur yang menarik bagi saya apabila digabung dengan mode penghematan yang ada di ponsel.

Jika digabung dengan mode hemat daya pada sistem ponsel, hasilnya akan jauh lebih memuaskan. Itu karena sistem telah membatasi penggunaan CPU yang terlalu tinggi, ditambah menonaktifkan efek animasi pada aplikasi Telegram.

Namun ketahui lagi bahwa ini hanya berlaku pada Telegram saja, karena fitur penghematan daya di aplikasi lain dapat berupa sesuaatu yang lain sehingga tingkat efektivitasnya akan berbeda pula.

Baca juga: Cara Mematikan Download Otomatis di Telegram

Kesimpulan

Pada dasarnya ponsel telah memiliki fitur untuk menghemat daya, akan tetapi jika sebuah aplikasi memiliki fitur penghematan daya di dalamnya seperti Telegram, maka hal itu akan menjadi lebih efektif dan maksimal. Jika sekiranya ada hal yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *