Cara Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam di PC

Cara Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam di PC

Ingin melakukan video call melalui PC tapi tidak ada perangkat webcam yang terhubung? Tenang saja, karena ponsel Android kamu bisa dijadikan webcam dengan mudah dan cepat. Hanya butuh satu aplikasi saja yang membuat hal ini tidak mustahil untuk dilakukan.

Satu kelebihan ketika menggunakan webcam melalui ponsel adalah kualitas gambarnya yang jernih. Apalagi di zaman sekarang kebanyakan ponsel dibekali spesifikasi kamera yang tinggi, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Baiklah, mari kita lanjut ke topik pembahasannya.

3 Langkah Mudah Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam

1. Download dan Instal Aplikasi DroidCam

Pertama-tama, silakan pasang aplikasi DroidCam melalui Play Store. Aplikasi ini ringan untuk digunakan dan ukurannya hanya sekitar 10 MB saja. Dan minimal OS Android yang dibutuhkan adalah 6.0 (Marsmallow).

Selanjutnya kamu juga harus download dan pasang aplikasi Droidcam Client di laptop atau PC kamu. Dan proses instalasinya sangat mudah dan cepat, hanya perlu klik next-next, dan finish.

2. Mempersiapkan Aplikasi

Setelah kedua aplikasi berhasil diinstall, sekarang waktunya untuk setting atau mempersiapkan aplikasi. Jadi langsung saja buka aplikasi DroidCam di HP Android kamu, kemudian izinkan semua opsi seperti penggunaan kamera dan mikrofon.

Ada dua cara untuk menggunakan aplikasi DroidCam. Yaitu memakai jaringan WiFi atau menggunakan kabel USB. Jika menggunakan WiFi, maka aplikasi akan menampilkan alamat IP dan port yang siap digunakan oleh aplikasi. Berikut yang saya lingkari merah, perlu untuk dicatat.

Alamat IP dan Port di DroidCam Android

Setelah itu, buka aplikasi Droidcam Client di laptop atau PC kamu. Masukkan alamat IP dan port yang kamu catat tadi. Pastikan juga kamu memilih opsi/icon WiFi mengingat konektivitasnya tidak memakai kabel USB.

Menyetel DroidCam Client di PC

3. Menghubungkan Webcam

Pastikan pula koneksi HP dan Laptop/PC menggunakan jaringan WiFi yang sama. Setelah itu klik tombol Start dan kamera HP Android kamu sudah bisa digunakan sebagai webcam di laptop atau PC kamu.

Metode ini menggunakan jaringan WiFi lokal, sehingga tidak mengandalkan koneksi internet apapun untuk melakukannya. Tapi jika kondisinya kamu ingin memilih menggunakan metode kabel USB, pastikan kamu sudah mengaktifkan mode USB Debugging di HP Android kamu.

Baca juga: Cara Instal dan Uninstal Aplikasi Android Melalui ADB

Pada aplikasi DroidCam Client di PC, pilih opsi USB dan tunggu perangkat terdeteksi, lalu klik tombol Start. Metode USB ini sangat cocok dipakai untuk melakukan streaming, mengingat koneksi melalui kabel LAN lebih diutamakan untuk mendapatkan kelancaran koneksi.

Kesimpulan

Hanya bermodalkan aplikasi DroidCam, kamu sudah bisa menyulap HP Android sebagai webcam. Dan sebagai saran, gunakan kamera belakang untuk mendapat hasil yang maksimal serta pengaturan yang lebih banyak.

Mode WiFi sangat cocok digunakan ketika hanya sekedar melakukan video call di sosial media. Sedangkan untuk penggunaan streaming, saya lebih menyarankan untuk menggunakan mode kabel USB untuk memaksimalkan konektivitas yang rata-rata orang menggunakan kabel LAN, alias tanpa WiFi lagi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *