Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

Kegunaan kamera pada aplikasi WhatsApp sangatlah penting, itu bisa digunakan untuk membuat status baru berupa foto atau video, atau melakukan percakapan video call dengan teman atau keluarga. Tanpa ada kamera, tentunya WhatsApp tidak akan terasa lengkap.

Tapi beberapa orang mengalami masalah dimana kamera di aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan dengan benar. Salah satu contohnya adalah muncul kesalahan kamera tidak aktif atau sedang digunakan oleh aplikasi lain, atau dalam kasus lain aplikasi WhatsApp langsung keluar sendiri ketika sedang menggunakan kamera.

Masalah ini bisa disebabkan karena interupsi yang terjadi pada sistem ponsel. Entah itu terdapat aplikasi di latar belakang yang sedang memakai kamera, atau hal-hal yang lainnya. Dan di artikel ini akan saya bagikan beberapa solusi mengatasinya.

Solusi Kamera Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

1. Perbarui Aplikasi WhatsApp Melalui Play Store

Semua aplikasi pasti memiliki kekurangan, seperti kesalahan yang belum teridentifikasi oleh tim teknikal. Namun lama-kelamaan kesalahan tersebut akan diketahui dan diperbaiki pada versi WhatsApp selanjutnya.

Maka dari itu, memperbarui aplikasi WhatsApp sangat penting guna untuk mendapatkan versi paling stabil dan memungkinkan tidak akan ada kesalahan parah yang terjadi. Dan pastikan kamu melakukannya di Play Store, jangan di Google supaya versi WhatsApp yang didapatkan memiliki kompatibilitas yang sesuai terhadap tipe ponselnya.

2. Cek Perizinan Kamera Terhadap WhatsApp

Pada saat awal kali memakai WhatsApp, biasanya akan ada beberapa perizinan yang harus disetujui, salah satunya adalah perizinan kamera. Jika itu ditolak, maka WhatsApp tidak akan bisa menggunakan fitur kamera pada ponsel dan akan muncul notif, “kamera tidak diizinkan“.

Agar WhatsApp dapat kembali bisa menggunakan kamera, maka yang harus dilakukan adalah mengatur perizinan ulang pada aplikasi WhatsApp. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di ponsel.
  2. Ketuk Menu Aplikasi.
  3. Cari dan pilih pada aplikasi WhatsApp.
  4. Selanjutnya ketuk pada menu Izin.
  5. Dan pada opsi Izin Kamera, silakan atur sebagai Izinkan.

Mengizinkan Fitur Kamera di WhatsApp

Apabila sudah melakukannya, silakan coba kembali untuk membuka kamera di WhatsApp. Apakah sekarang sudah berhasil?

3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Menghapus data akan menghilangkan keseluruhan chat yang saat ini tersimpan kecuali yang telah dicadangkan di penyimpanan cloud google drive. Namun bagian terbaiknya, menghapus data dapat mengatasi hampir keseluruhan masalah yang ada di WhatsApp, salah satunya terhadap masalah kamera ini.

Dan satu lagi, menghapus data bukan berarti menghapus akun, ini hanya akan mengembalikan aplikasi menjadi semula atau sedia kala. Dan untuk melakukannya pun sangat mudah.

Caranya hampir sama seperti langkah ke-dua di atas, jadi pertama-tama silakan menuju Pengaturan Aplikasi, dan setelah itu ketuk aplikasi WhatsApp, diterukan untuk menekan tombol Hapus Data.

Hapus Data Terhadap Aplikasi WhatsApp

Jika tidak ada tombolnya, kemungkinan itu berada di bagian menu Penyimpanan. Karena setiap UI ponsel berbeda-beda, jadi silakan jelajahi secara mandiri atau jika masih bingung silakan berkomentar dengan menyebutkan tipe ponselnya.

4. Reset Ponsel Secara Penuh

Apabila langkah nomor 1 sampai 3 masih belum dapat mengatasi masalah ini, maka solusi terakhir yang dapat kamu terapkan adalah mereset ponsel secara penuh, atau mengembalikan ke setelan pabrik.

Hal ini bisa terjadi karena terdapat aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan kamera sehingga WhatsApp tidak dapat memakai fitur kamera tersebut. Sedangkan untuk mendeteksi aplikasi apa yang sedang berjalan juga tidak bisa dikatakan mudah, mengingat setiap ponsel menggunakan aplikasi yang berbeda-beda pula.

Pastikan untuk mencadangkan data-data penting supaya tidak hilang, seperti kontak, SMS, atau lain-lain sebelum memulai untuk mereset ponselnya.

Terkait: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Kesimpulan

Kamera yang tak berfungsi di WhatsApp bisa disebabkan karena beberapa hal, dimulai dari kesalahan sisi aplikasi, perizinan kamera, data aplikasi yang mengalami corrupt, hingga interupsi terhadap aplikasi lain.

Langkah di atas saya tulis berdasarkan cara yang paling mudah untuk diselesaikan, jadi sebaiknya lakukan mulai dari yang pertama supaya hasilnya effisien. Karena siapa tahu masalah yang kamu hadapi tidak separah yang kamu kira, sehingga tidak perlu sampai mereset ponselnya secara penuh.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *