Solusi Laptop Panas Ketika Main Roblox

Solusi Laptop Panas Ketika Main Roblox

Suhu laptop naik itu wajar terutama saat kita main game seperti Roblox. Tapi jika suhunya sudah lebih dari 85°C, itu tandanya harus segera untuk mencari solusinya. Kenapa? Karena overheat bisa merusak hardware laptop kita lho.

Salah satu hal yang membuat laptop kita bisa panas adalah karena bagian GPU dan CPU bekerja ekstra keras saat kita bermain game. Tanpa adanya sistem pendingin tambahan, laptop kita bisa mengalami overheat. Namun ada cara tertentu yang bisa diterapkan untuk mengurangi tingkat suhu tersebut, dan semua itu akan di bahas di artikel ini.

Mengatasi Laptop Panas Saat Bermain Roblox

1. Kurangi Grafis di Roblox

Secara default, tingakatan grafis pada setelan di Roblox diatur sebagai otomatis. Hal ini akan membuat sistem memilihkan langsung tingkatan grafis berdasarkan spesifikasi perangkat. Tapi pengguna juga diberikan opsi untuk mengaturnya secara manual.

Untuk melakukannya, silakan masuk terlebih dahulu ke suatu game di Roblox. Setelah itu klik tombol ESC pada keyboard, dan pilih menu Pengaturan. Setelah itu gulir ke bawah sampai bagian Mode Grafik. Lalu cukup aktifkan opsi Manual. Dan pada akhirnya silakan pilih kualitas grafik menjadi paling kiri (rendah).

Mengatur Grafis Roblox ke Paling Rendah

Setelah mengaturnya, sekarang coba bandingkan suhu laptop dari sebelumnya. Pasti akan turun dan tidak sampai di atas 85°C lagi. Banyak pengguna yang berhasil menggunakan solusi ini, tetapi hasilnya akan berpengaruh ke kualitas grafis pada game nantinya.

2. Gunakan Kipas Tambahan

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan laptop adalah dengan menggunakan kipas tambahan atau yang biasa disebut cooling pad. Alat ini bisa membantu mengurangi suhu pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop.

Atau jika laptop mendukung untuk penggunaan alat bernama Mini Vacuum Cooler, itu lebih baik dibanding cooling pad. Karena fungsinya adalah menghisap suhu panas supaya langsung keluar dan tidak terjebak di dalam.

3. Lakukan Pembersihan Total

Bongkar laptop dan bersihkan komponen hardware, terutama di bagian fan (baling-baling kipas), dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran ini bisa menyumbat sirkulasi udara di dalam laptop.

Dan hati-hati ketika hendak membongkar laptop, saya sarankan untuk menonton tutorial di Youtube terkait tipe laptop yang digunakan supaya prosedur pembongkarannya lancar dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Perhatikan Kondisi Thermal Paste

Fungsi dari Thermal Paste adalah mendinginkan prosesor yang merupakan salah satu komponen laptop yang paling cepat panas. Jika Thermal Paste sudah kering, maka sudah sepatutnya untuk diganti. Sementara itu untuk harganya sendiri cukup terjangkau, tergantung dari merk yang ingin dipakai.

Pergantian Thermal Paste baiknya dilakukan satu tahun sekali untuk kondisi laptop gaming. Sedangkan untuk laptop yang jarang dipakai untuk gaming atau aktivitas berat, maka tak ada salahnya untuk mengganti 2 tahun sekali.

5. Batasi Penggunaan CPU pada Laptop

Ada fitur yang bernama Turbo Boost pada sebagian laptop. Secara default, fitur tersebut menyala dan tidak membatasi kinerja CPU sama sekali. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mematikan fitur tersebut dan mulai batasi kinerja CPU supaya tidak berjalan secara berlebihan. Caranya sudah pernah dijelaskan pada artikel berjudul Cara Mematikan Fitur Turbo Boost pada Laptop.

Kesimpulan

Lakukan kelima tips di atas, dan sepastinya suhu laptop akan menurun secara signifikan ketika bermain game Roblox. Tips nomor 1 dan 5 wajib untuk dilakukan, sisanya kamu sendiri yang menentukan. Dari banyaknya kasus semacam ini, kendalanya akibat grafis di dalam game dan penggunaan CPU yang berlebihan, jadi tips 1 dan 5 ini sangat penting untuk diterapkan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *