Solusi USB WiFi Adapter Tidak Bisa Digunakan di PC

Solusi USB WiFi Adapter Tidak Bisa Digunakan di PC

USB WiFi Adapter adalah alat yang berguna untuk menyambungkan PC ke jaringan WiFi supaya bisa terhubung ke internet tanpa kabel LAN. Berbeda dengan laptop yang rata-rata sudah terpasang adapter di dalamnya, sedangkan PC tidak dibekali itu sehingga membutuhkan adapter eksternal melalui port USB.

Masalahnya, beberapa pengguna yang membeli adapter ini merasa kesusahan untuk mulai menggunakannya. Padahal secara umum, adapter USB tersebut telah diatur auto install terhadap drivernya, sehingga seharusnya cuma sebatas plug & play saja.

Adapun kendala dimana adapter ini tidak terdeteksi pada PC meski sudah dicopot dan dipasang, dan inilah yang akan dibahas kali ini. Jika kamu mengalami masalah serupa, silakan baca baik-baik mulai dari sini ya.

Mengatasi USB WiFi Adapter Tidak Terdeteksi

1. Cek Minimal OS Windows yang Dibutuhkan oleh Adapter

Dimulai dari yang paling mudah, yaitu mengetahui minimal OS Windows yang dibutuhkan oleh USB WiFi Adapter. Informasi ini biasanya tersedia pada kardus kemasan, jadi silakan cek apakah OS Windows kamu memenuhi syarat untuk menjalankannya.

Karena kebanyakan perangkat semacam ini membutuhkan OS Windows 7 ke atas, sehingga versi di bawahnya tidak akan mendukung bagaimanapun caranya. Untuk itu, apabila PC kamu tidak memenuhi syarat, maka yang seharusnya dilakukan adalah meng-upgrade versi Windows terlebih dahulu dan kemudian adapter tersebut sudah bisa digunakan tanpa ada masalah.

2. Pastikan Driver Telah Terinstal Sempurna

Tahapan selanjutnya untuk mengetahui adapter itu terdeteksi adalah memastikan bahwa drivernya sudah terpasang dengan sempurna. Driver adalah software yang dapat berkomunikasi dengan hardware, atau dalam kasus ini adalah adapter USB tersebut. Jadi tanpa adanya driver yang terpasang sempurna, maka sepastinya PC tidak bisa mendeteksi adapter tersebut.

Untuk mengetahui apakah driver terpasang, silakan klik tombol WINDOWS+R lalu ketik devmgmt.msc dan ENTER. Setelah itu Device Manager akan terbuka, silakan copot USB WiFi Adapter dan kemudian pasang kembali. Layar akan ter-refresh dan adapter akan muncul.

Jika kondisinya adapter yang muncul terdapat warna kuning semacam warning di ikonnya, silakan klik kanan dan pilih Properties. Nantinya akan tampil apa yang menyebabkan driver tersebut tidak terpasang dengan benar.

3. Pasang Driver Secara Manual

Solusi selanjutnya masih terkait perkara driver. Jadi setiap merk USB WiFi Adapter selalu menyediakan driver yang dapat diunduh melalui website resminya. Kamu bisa mencarinya di Google dengan mengetikkan merk adapter dan juga tipenya.

Proses instalasinya sama seperti kebanyakan program, dan normalnya ini hanya memakan waktu kurang lebih 1 menit saja. Jika pun terdapat indikasi bahwa driver yang sama sudah terpasang, silakan uninstall terlebih dahulu driver yang bermasalah tadi melalui Device Manager dan kemudian lanjutkan proses instalasinya.

4. Matikan Driver Signature Enforcement

Kendala lainnya yang menyebabkan driver tidak terpasang sempurna bahkan meski sudah melakukannya secara manual adalah akibat PC tidak dapat memverifikasi driver signature. Jadi solusinya adalah mematikan proses verifikasi tersebut.

Caranya mudah, silakan restart PC dan kemudian pada saat logo sudah muncul, kamu hanya perlu menekan tombol F8 untuk memasuki Boot Options. Selanjutnya gulir ke bawah dan pilih opsi Disable Driver Signature Enforcement dan ENTER.

Setelah itu PC akan booting dan ketika sudah berada di tampilan desktop, silakan tancapkan USB WiFi Adapter dan tunggu sekitar 2 menit sampai itu terdeteksi. Dan apabila lebih dari 2 menit belum terdeteksi, silakan terapkan solusi nomor dua kembali untuk memastikan drivernya terpasang.

5. Gunakan Port USB yang Lain

Port USB pada CPU tidak cuma terletak di bagian depan saja, tapi juga tersedia di bagian belakang. Jadi apabila kamu terbiasa menancapkannya di bagian depan, silakan coba untuk mencolokkannya di bagian belakang. Karena siapa tahu terdapat kendala di port depan atau semacam dol yang mana membuat adapter tersebut tidak terbaca dengan baik.

Baca juga: Cara Menggunakan Samsung Dex Tanpa Kabel USB

Kesimpulan

Masalah pada USB WiFi Adapter yang tidak terdeteksi memang membuat pikiran menjadi pusing. Jadi kita pasti beranggapan “sudah membeli, tapi tidak bisa digunakan”. Namun selama kamu mengikuti solusi di atas, saya yakin masalah ini dapat teratasi.

Sepastinya, masalah ini hanya sebatas dalam lingkupan driver saja. Antara driver yang tidak terpasang sempurna atau mungkin adapter gagal memasangnya secara otomatis sehingga driver harus dipasang manual. Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan terkait solusi di atas, sangat dipersilakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *