Cara Mengaktifkan Gerakan Super Lambat di Samsung

Gerakan super lambat merupakan fitur kamera yang ada di sebagian ponsel Samsung. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil gerakan lambat dalam 960 FPS dalam kurun waktu kurang lebih 1 detik.

Jadi dalam waktu sekitar 1 detik tersebut, sistem akan menyimpan sebanyak 960 frame atau gambar yang kemudian di-komposisi menjadi video gerakan lambat atau slow-mo. Tapi di beberapa ponsel Samsung, terdapat dua fitur untuk melakukan hal tersebut.

Dua fitur tersebut adalah Gerakan Lambat dan Gerakan Super Lambat. Dan yang dibahas pada artikel ini adalah yang super, karena memiliki perbedaan FPS yang jauh saat diambil. Bahkan tetesan air hujan pun bisa kamu lihat dengan fitur tersebut.

Menggunakan Fitur Gerakan Super Lambat pada Samsung

Sebelum lanjut ke tutorialnya, ketahui sekali lagi bahwa fitur ini tidak hadir pada semua tipe ponsel Samsung, jadi hanya beberapa tipe saja. Tapi tak masalah untuk mengikuti tutorialnya sembari mengetahui ponselnya mendukung atau tidak.

  1. Buka aplikasi Kamera.
  2. Usap layar ke kiri, dan pilih menu Lainnya.

    Ketuk Menu Lainnya

  3. Sekarang silakan ketuk pada menu Gerakan Super Lambat.

    Ketuk Menu Gerakan Super Lambat

  4. Pastikan opsi pendeteksi gerakan sudah aktif.

    Mengambil Gerakan Super Lambat di Samsung

  5. Dan setelah itu, silakan rekam video.
  6. Ketika terdapat gerakan yang terdeteksi, secara otomatis sistem akan mengambil itu.
  7. Selesai, hasil video bisa kamu lihat pada Galeri.

Akan lebih baik hasilnya jika mengambil potret gerakan lambat di kondisi cahaya yang terang. Dan Selain diatas, masih ada beberapa opsi yang disediakan Samsung dalam mengambil gerakan super lambat. Salah satunya adalah pengambilan gerakan lambat ganda.

Multi Pengambilan Gerakan Super Lambat

Secara default, sistem mengatur gerakan super lambat sebagai sekali pengambilan. Tapi kamu bisa mengatur itu supaya dapat mengambil beberapa gerakan super lambat dalam sesi rekaman video.

Silakan ketuk menu Pengaturan (ikon roda gigi). Dan setelah itu gulir kebawah dan atur opsi Gerakan Super Lambat menjadi Multi-Pengambilan.

Nah sekarang kamu bisa mengambil gerakan lambat sebanyak yang kamu inginkan dalam satu video tanpa harus merekam satu-per-satu lagi.

Multi Pengambilan Gerakan Super Lambat Samsung

Baca juga: Cara Mengubah Resolusi Foto dan Video pada Kamera Android

Kesimpulan

Gerakan Super Lambat yang disediakan Samsung memiliki fitur pendeteksi gerakan, sehingga jika terdapat objek yang bergerak cepat pada area, maka sistem akan langsung mengambilnya mulai dari situ.

Dan kamu pun juga bisa mengambilnya secara manual tanpa bantuan sensor pendeteksi gerakan. Caranya silakan matikan terlebih dahulu fitur pendeteksi gerakan, dan setelah itu silakan rekam videonya. Maka disampingnya ada tombol khusus untuk mengambil gerakan lambar. Jika kamu menekan tombol itu, maka sistem akan langsung mulai untuk mengambil gerakannya pada saat itu.

Sementara itu kualitas dari gerakan super lambat ini kurang bagus jika kondisi cahaya sangat minim. Maka dari itu saya menyarankan untuk menggunakannya di ruang terbuka atau yang sekiranya memiliki cahaya cukup terang.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain mengenai fitur gerakan super lambat di Samsung, sangat dipersilakan untuk menambah komentar dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.