Mengatasi “Akun Ini Tidak Dapat Menggunakan WhatsApp”

WhatsApp memiliki ketentuan terhadap penggunaannya, di mana meski mereka tidak sama sekali merekam segala aktivitas pengguna, namun mereka akan menindaklanjuti terhadap kiriman atau aktivitas yang melanggar ketentuan. Salah satunya seperti tindakan penipuan, mengganggu, dan sejenisnya.

Pada tahun 2019 lalu, saya telah menjelaskan secara rinci terkait ciri-ciri terhadap akun WhatsApp yang terindikasi terkena pemblokiran oleh sistem. Hal tersebut diterapkan WhatsApp untuk menjaga ekosistem di dalam aplikasi tetap sehat, dan langkah ini dapat meminimalisir terkait tindakan seseorang yang hendak merugikan orang lain.

Tapi berbeda jika muncul notifikasi “Akun Ini Tidak Dapat Menggunakan WhatsApp“, yang mana itu menandakan akun WhatsApp pengguna sedang dalam masa peninjauan manual. Jadi mau tidak mau harus menunggu sampai proses peninjauannya selesai.

Solusi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka Karena Proses Peninjauan

Normalnya pengguna bisa mengatasi masalah ini dengan hanya menunggu proses review atau peninjauan selesai. Ini bisa memakan waktu kurang lebih 1 hari kerja. Dibawahnya terdapat tombol untuk melacak atau mengetahui status review saat ini.

WhatsApp Meninjau Status Akun

Namun ada kalanya proses peninjauan ini tidak kunjung berubah dan WhatsApp tidak dapat dibuka selama beberapa hari. Tapi di sini akan saya berikan solusi alternatif yang bisa kamu terapkan apabila masalah yang kamu hadapi sama persis seperti kondisi tersebut.

1. Pasang WhatsApp dari Play Store

Jika sebelumnya kamu menggunakan aplikasi WhatsApp mod, kemungkinan kendalanya dari situ. Sebab WhatsApp melarang keras penggunaan aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi dengan alasan tersendiri.

Solusinya adalah menghapus aplikasi WhatsApp mod tersebut dan mengunduh ulang versi original dari Play Store. Normalnya pemblokiran sementara akibat masalah WhatsApp mod hanya beberapa jam saja. Dari banyak pengguna yang mengalaminya adalah sekitar 6 jam dan setelah itu akun WhatsApp dapat dibuka kembali tanpa ada masalah.

2. Buka Akun WhatsApp di Ponsel Lain

Cobalah untuk membuka akun WhatsApp dari ponsel lain. Bisa dengan cara meminjam sebentar milik saudara di rumah, atau mungkin teman yang dapat dipercaya. Dan melakukan solusi dapat mengetahui betul yang bermasalah akunnya atau perangkatnya.

Jika pun di ponsel lain akun WhatsApp masih tidak bisa dibuka, maka bisa dipastikan memang kendalanya dari akunnya. Namun berbeda lagi jika di ponsel lain dapat terbuka normal, maka penyebabnya ada di ponsel kamu, salah satunya ada di sistem cache aplikasi WhatsApp dan solusi terbaik adalah menginstal ulang aplikasinya.

3. Terjadi Pemblokiran Permanen (Ganti Nomor)

Jika akun masih tidak bisa dibuka meski telah menunggu selama berhari-hari, maka bisa dipastikan nomornya telah diblokir permanen oleh WhatsApp. Biasanya akan muncul pula notifikasi lain terkait penyebab akun diblokir, sebagai contohnya seperti ini:

Akun WhatsApp Terindikasi SPAM

Jika sudah tampil begitu, maka tak ada cara lain kecuali membuat akun baru dengan nomor yang baru pula.

Penyebab Akun WhatsApp Diblokir Permanen

Penyebab utama akun diblokir permanen oleh WhatsApp adalah akun tersebut telah terindikasi melanggar ketentuan Whatsapp dan dilaporkan berkali-kali oleh pengguna lain, serta permintaan laporan tersebut disetujui oleh pihak WhatsApp.

Dengan kata lain, proses peninjauan gagal dan terjadilah pemblokiran permanen. Sementara itu jika akun tidak terbukti melanggar, sepastinya pada saat proses peninjauan selesai, akunnya dapat digunakan kembali.

Jika kamu ingin mengetahui penyebab dan ciri-ciri akun diblokir WhatsApp, silakan simak pada artikel berjudul Nomor WhatsApp Diblokir? Ini Penyebab dan Solusinya.

Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *