Solusi Akun WhatsApp Terindikasi Spam

Solusi Akun WhatsApp Terindikasi Spam

WhatsApp terus memberikan pelajaran terhadap suatu akun yang melanggar ketentuan layanan dengan cara memblokir akun tersebut, baik untuk sementara ataupun secara permanen. Hal ini diterapkan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang berpotensi merugikan orang lain.

Contohnya adalah pesan penipuan yang mengajak pengguna untuk ikut bergabung dengan embel-embel bisnis. Selanjutnya adalah pesan yang meresahkan seperti mengirim chat secara terus-menerus tiada henti, dan adapun akun yang mengajak pengguna untuk bergabung ke banyak grup yang tidak dikenal.

Beberapa hal yang saya sebutkan di atas merupakan tindakan SPAM yang mana merugikan serta mengganggu orang lain ketika menggunakan WhatsApp. Namun ada kalanya pengguna tidak merasa melakukan hal-hal di atas, oleh sebab itu, di sini akan saya jelaskan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Akun WhatsApp Ditandai SPAM Tanpa Melakukan Pelanggaran Apapun

Bagian terburuk dari suatu sistem adalah kesalahan dalam penilaian, dan ini tidak hanya terjadi di WhatsApp saja melainkan juga di sosial media yang mengandalkan sistem otomatis dalam penilaian akun.

Jadi mengapa akun bisa ditandai spam tanpa melakukan pelanggaran? Satu-satunya alasan ini terjadi adalah karena akun tersebut dilaporkan oleh banyak akun lain. Ketika suatu akun dilaporkan oleh beberapa akun lain secara serentak, maka hal ini berimbas akun yang dilaporkan tersebut terkena pemblokiran sementara.

Dan tentunya yang menilai hal tersebut adalah sistem. Kemungkinan sistem menandai tingkat pelaporan terbanyak berpotensi akun tersebut berbahaya, sehingga harus dilakukan review secara manual dan memblokir akun tersebut untuk sementara waktu.

Hal kedua yang menjadi penyebab adalah karena pengguna sedang memakai aplikasi WhatsApp non resmi. Misalnya aplikasi WhatsApp yang telah di-modifikasi yang di unduh melalui situs web di Google.

Pada dasarnya WhatsApp melarang keras penggunaan aplikasi non resmi karena memungkinkan aplikasi tersebut dapat mengambil data pengguna, mulai dari chat, nomor, dan sebagainya. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, WhatsApp langsung memblokir atau menandai SPAM terhadap akun yang menggunakan aplikasi WhatsApp yang termodifikasi.

Mengatasi Akun WhatsApp yang Terindikasi SPAM

Adapun solusi yang bisa diterapkan ketika sedang mengalami kendala ini. Yang pertama adalah menunggu terhadap review manual dari pihak WhatsApp, ini bisa berlangsung sekitar beberapa jam hingga beberapa hari.

Proses Peninjauan WhatsApp

Namun selama itu berlangsung, pastikan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp resmi yang diunduh melalui Play Store. Pada beberapa kasus, penggunaan aplikasi WhatsApp resmi akan langsung mengaktifkan kembali akun yang terindikasi spam tanpa menuggu review tambahan.

Berbeda jika akun telah dnyatakan diblokir secara permanen, maka tak ada cara untuk mengatasi masalah tersebut kecuali membuat akun menggunakan nomor yang baru lagi.

Terkait Pemblokiran Permanen

Pemblokiran permanen bisa saja terjadi ketika WhatsApp menilai adanya rasio yang terlalu tinggi terhadap aktivitas pelanggaran. Jika hanya sekedar dilaporkan rame-rame tanpa ada unsur tertentu yang dilakukan oleh akun tersebut, maka WhatsApp akan mengaktifkan kembali akunnya dalam beberapa jam.

Jika sebelumnya menggunakan akun tersebut untuk aktivitas chat secara terus-menerus sejenis BOT, maka kesempatan akun tersebut diblokir permanen bisa menjadi cukup tinggi.

Sebenarnya tidak ada larangan terhadap penggunaan chatbot selama itu dipakai untuk layanan bantuan atau notifikasi kepada pelanggan. Berdasarkan info yang saya dapat, terdapat batasan terhadap pengiriman pesan ke nomor unik untuk akun WhatsApp bisnis yang belum terverifikasi.

Jadi apabila sebelumnya diblokir karena terlalu banyak mengirimkan pesan dari bot, cobalah untuk mengajukan verifikasi centang hijau supaya pembatasan tersebut dihilangkan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *