Cara Profit Science Station Farm di Growtopia

Cara Profit Science Station Farm di Growtopia

Masih seputar game Growtopia yang katakanlah tidak ada habisnya. Karena jika membahas tentang profit, ada banyak sekali jenisnya dan tidak hanya sebatas farming dan harvest saja. Dan yang dibahas kali ini adalah tentang Science Station.

Science Station merupakan item provider yang dapat di-collect 2 kali dalam satu hari penuh. Item ini akan mengeluarkan salah satu dari 5 jenis chemical, antara Green (G), Red, (R) Yellow (Y), Blue (B), dan Purple (P). Lalu banyak player yang masih bingung terhadap profitnya, maka dari itu, di sini akan saya bagikan sesuai dari pengalaman saya sendiri.

Untuk modalnya terbilang terjangkau menurut saya pribadi, karena harga station science block sendiri sekitar 3/1 atau paling mahal adalah 2/1. Jika membeli harga placed dan auto water, maka ratenya sekitar 2.5/1.

Saat itu saya membeli placed, dan total block di world kurang lebihnya sekitar 5100. Untuk harganya juga sekitaran 20 DL. Menurut saya, science station ini merupakan lazy profit yang cocok digunakan untuk jangka lama. Karena nantinya jika sudah balik modal, itu sudah seperti WL gratisan yang tidak perlu susah payah dicari.

Belum untuk UT (Unstable Tesseract) membutuhkan 5 secara total supaya tidak bolak-balik mengambil chemical yang jatuh. Harga UT juga bervairasi, tapi jika kasarannya sekitar 4 DL per satunya, maka totalnya membutuhkan 20 DL lagi.

Tips Membeli Science Station Farm

Kamu bisa menemukan para seller di world bernama BUYSCIENCE. Ada banyak seller yang menjual farmnya dengan harga sesuai rate saat ini. Nah sebagai tips saat membeli, pastikan kamu membeli yang sudah terdapat full water dan portal atau biasa disebut sebagai auto water. Karena itu dapat memudahkan kamu nantinya ketika collect.

Jika seller tidak memiliki GrowScan, cek secara teliti science station yang ada di world tersebut apakah benar full atau justru banyak yang miss di bagian tertentu. Jika memang full, maka bisa dipastikan itu real 5100 block.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin membeli farm yang tidak full sekalipun karena itu hak kamu. Karena sedikit-sedikit bisa ditambal dengan membeli yang unplaced untuk melengkapinya.

Proses Collect Chemical

Ketika science station sudah siap untuk di-collect, kamu perlu untuk menyiapkan dua item penting. Yaitu cursed wizard hat dan cyclopean visor. Kegunaan dari topi itu untuk mengurangi damage saat melakukan punch ke science station, agar tidak hancur. Sedangkan mata laser (visor) dipakai untuk meningkatkan punch range saja.

Apabila kedua item itu sudah digunakan, maka kamu sudah siap untuk meng-collect keseluruhan science station yang ada di world farm tersebut. Dengan adanya auto water, kamu hanya perlu menahan tombol punch saja untuk melakukannya, yang mana menurut saya dapat menghemat waktu.

Sementara itu untuk total waktunya adalah 40 menit-an atau paling lama adalah 1 jam untuk satu world penuh. Ini nyaris sama seperti melakukan harvest satu world, tapi bedanya cuma menahan tombol punch saja, tidak perlu gerak-gerak. Bahkan meski miss satu atau dua pada setiap row itu tidak menjadi masalah (bagi saya).

Total Chemical yang Didapat pada Satu World Full Science Station

Sebelumnya saya bukan ahli matematika, jadi perhitungan yang saya lakukan ini bisa dikatakan sebagai kasaran saja. Berikut ini total drop dari setiap jenis chemical.

Chemical G: 2000
Chemical R: 1300
Chemical Y: 700
Chemical B: 600
Chemical P: 400

Setidaknya itu bisa menjadi patokan rata-rata chemical yang kamu dapatkan pada setiap world penuh. Jadi bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi rarity chemicalnya, maka semakin sedikit yang di dapat.

Total Profit World Science Station

Untuk profitnya tergantung dari item apa yang akan kamu combine nantinya. Jika dipakai untuk fuel pack, maka profitnya sekitar 20 WL per collect. Jadi apabila dua kali collect seharinya, maka profitnya sekitar 40 WL. Jumlah ini bisa turun atau naik tergantung dari harga fuel pack saat ini.

Dan untuk chemical sisa seperti G dan R juga masih laku kok, jadi jangan sampai di trash atau recycle ya, cukup di drop di suatu world dan nantinya ada yang beli secara dropped.

Perhitungan ini hanya untuk satu world saja. Berbeda jika punya 2 atau 3 farm, tentunya profitnya jauh lebih banyak. Sementara itu untuk balik modalnya sekitar 2 bulan. Saya yakin kamu tidak akan menyesal memiliki science station farm.

Baca juga: Ini Dia Alat untuk Design World di Growtopia

Kesimpulan

Sudahkah kamu paham sampai sini terkait profit science station ini? Secara keseluruhan ini nyaris sama seperti tackle box, tapi modalnya lebih terjangkau. Cocok digunakan untuk jangka lama dan tentunya bagi yang ingin profit mudah tanpa capek-capek lagi.

Jadi bagaimana menurut kamu? Jika ada saran atau barangkali tambahan terkait profit ini, silakan untuk membagikannya langsung di kolom komentar di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *