Cara Menonaktifkan Adblock Plus untuk Situs Tertentu

Cara Menonaktifkan Adblock Plus untuk Situs Tertentu

Sudah tahu kan apa itu Adblock Plus? Itu adalah ekstensi untuk browser yang memiliki kegunaan dalam memblokir iklan pada website. Ekstensi ini dapat memblokir hampir 99% iklan yang tampil termasuk jenis popup atau redirect sekalipun.

Terkadang suatu website ada yang tidak mengizinkan pengguna untuk menggunakan ekstensi ini, sehingga yang harus dilakukan adalah menonaktifkan khusus untuk website tersebut. Dan pada Adblock Plus, tersedia opsi untuk menambah pengecualian tersebut, dan cara untuk melakukannya pun terbilang mudah.

Disini akan saya bagikan tutorial untuk menonaktifkan Adblock Plus khusus untuk situs tertentu saja. Jadi selama ini hanya dinonaktifkan untuk beberapa situs saja, maka ekstensi ini masih akan aktif dan bekerja untuk situs yang lainnya.

Tutorial Menonaktifkan Adblock Plus pada Situs Tertentu

  1. Pertama-tama buka situs web yang ingin dikecualikan.
  2. Kemudian klik pada ikon Adblock Plus dibagian kanan atas browser.

    Klik Ikon Adblock

  3. Selanjutnya pada bagian Block Ads On, silakan untuk dinonaktifkan pada opsi This Website.

    Menonaktifkan Adblock Plus untuk Situs Tertentu

  4. Selesai, sekarang silakan muat ulang halaman, dan Adblock Plus berhasil dimatikan.

Sebenarnya Adblock Plus juga memiliki opsi untuk mengecualikannya hanya untuk halaman tertentu di suatu website tersebut. Jadi untuk halaman lainnya, Adblock Plus masih dapat bekerja seperti biasanya.

Mengecualikan Banyak Situs Web di Adblock Plus

Apabila kamu ingin langsung mengecualikan banyak situs web sekaligus tanpa harus membuka website itu satu-per-satu, maka ada cara yang lebih cepat dibanding diatas.

Yaitu langsung klik pada ikon Adblock Plus, selanjutnya klik pada ikon Pengaturan, lalu menuju menu Whitelisted Website. Nah dibagian ini kamu dapat menambah situs apapun yang ingin dikecualikan tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

Menambah Pengecualian pada Ekstensi Adblock Plus

Baca juga: Hal Negatif dari Mengaktifkan AD Block pada Browser

Kesimpulan

Menambah pengecualian situs web pada Adblock Plus dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah membuka terlebih dahulu websitenya dan kemudian menonaktifkan Adblock Plus terhadap website tersebut, atau cara kedua adalah langsung menambahkan situs web tersebut pada pengaturan ekstensi ini.

Adblock Plus dikenal sebagai pengaya pemblokir iklan multifungsi, karena tak hanya memblokir iklan saja yang dapat dilakukannya, namun suatu elemen pada website pun juga bisa disembunyikan dengan fitur Block Element.

Terlebih lagi pengguna diberikan kebebasan untuk memilih daftar URL pem-filter iklan, yang secara default diatur untuk ABP dan Easylist. Jika daftar URL filter iklan ditambah, memungkinkan fitur pemblokir iklan akan semakin akurat lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.