Cara Mudah Memblokir Iklan di Aplikasi dengan DNS

Cara Mudah Memblokir Iklan di Aplikasi dengan DNS

Apakah kamu terganggu dengan sebuah iklan yang kadang muncul secara tiba-tiba? Entah itu muncul di notifikasi ponsel, atau didalam aplikasi tertentu. Bahkan terkadang suatu iklan bisa menghabiskan kuota, seperti jenis video pendek.

Jika di browser, memblokir iklan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan sebuah pengaya atau ekstensi. Tetapi pernahkah kamu memikirkan cara untuk memblokir iklan di suatu aplikasi? Misalnya di Youtube, Instagram, dan lain-lain.

Saat ini ada cara yang lebih praktis dalam melakukan hal tersebut. Yaitu menggunakan fitur DNS. Seluruh ponsel Android dapat melakukan hal ini dan tentunya tanpa perlu root sekalipun. Jika kamu ingin tahu mengenai tata caranya, silakan simak terus artikel ini.

Apa itu DNS?

Kalimat yang satu ini sebenarnya opsional untuk dibaca, jadi jika kamu tidak ingin tahu-menahu mengenai apa itu DNS, bisa langsung melewati paragraf ini. Namun apabila kamu ingin memahami sedikit tentang DNS, bisa menyimak dulu supaya paham terhadap fitur apa yang akan digunakan.

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System, dan berguna sebagai resolver. Sederhananya itu dipakai untuk menghubungkan koneksi internet kamu ke alamat web tujuan. Bisa dikatakan ini mirip seperti menggunakan VPN, akan tetapi alamat IP kamu takkan berubah.

Alamat web yang kamu akses akan dienkripsi ulang oleh DNS. Ya walaupun rata-rata kebanyakan website sudah menerapkan protokol HTTPS, namun DNS ini bisa digunakan untuk mengelabuhi terhadap tracking dari pihak ISP.

Itulah mengapa menggunakan DNS juga bisa dipakai untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh ISP atau Operator. Dan diluar sana ada banyak sekali layanan DNS yang bisa digunakan, salah satu yang paling dipakai adalah milik Google dan Cloudflare.

Memblokir Iklan Menggunakan DNS

Terdapat layanan DNS yang bisa kamu pakai untuk memblokir iklan dengan mudah dan cepat. Yaitu menggunakan DNS dari Adguard. Layanan tersebut merupakan penyedia pengaya atau ekstensi populer untuk browser dalam hal pemblokiran iklan, jadi kualitasnya pasti terjamin.

DNS yang disediakan Adguard tidak menyimpan logs terhadap riwayat browsing kamu, dan mereka mendukung penuh terhadap privasi setiap pengguna. Atau dengan kata lain, layanan DNS tersebut aman untuk digunakan.

Menerapkan DNS Adguard di Android

Semenjak Android Pie, terdapat fitur untuk mengaktifkan DoT (DNS-over-TLS) atau bisa juga disebut sebagai DNS Pribadi. Fitur tersebut berada di Pengaturan Jaringan di ponsel Android.

Sebagian ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, tapi jika di ponsel kamu memiliki opsi pencarian di Pengaturan, saya sarankan untuk mengetik kata kunci “DNS” (tanpa tanda petik) supaya fiturnya tampil. Dan isikan alamat berikut pada kolom DNS Pribadi di Android:

dns.adguard.com

Menerapkan DNS Adguard di Android

Jika sudah, silakan simpan pengaturan. Dan coba buka suatu aplikasi seperti Youtube, pasti iklannya takkan muncul lagi.

Untuk pengaturan DNS lainnya, bisa langsung dicek pada halaman Adguard DNS.

Baca juga: Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie

Sebagian Website Masih Memunculkan Iklan

DNS dari Adguard menerapkan list dari banyak domain untuk memblokir iklan sepenuhnya, khususnya pada layanan iklan yang populer. Tetapi disebagian website mungkin masih terdapat iklan yang tampil, entah itu berupa banner atau popup. Tentunya terdapat penyebab terhadap hal tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah website tersebut menerapkan iklan anti ad-block, sehingga iklannya masih muncul meski kamu menggunakan DNS ini. Jadi iklan tersebut domainnya belum terdeteksi oleh pengaya adblock manapun, sehingga tak dideteksi sebagai iklan.

Tapi tak perlu khawatir, karena hal ini hanya terjadi pada website saja. Sedangkan pada kebanyakan aplikasi Android, rata-rata iklan yang disediakan dari layanan populer seperti Admob, yang mana pastinya akan terdeteksi dan langsung diblokir supaya tak muncul.

Memblokir Iklan Nyaris Sama dengan Kurang Menghargai Kreator Konten

Suatu kreator, baik itu di website maupun di aplikasi Android membutuhkan hasil dari kinerjanya dalam membuat konten tersebut. Hasil tersebut hanya bisa didapatkannya dari sebuah iklan. Akan tetapi beberapa oknum (kreator) memanfaatkan hal tersebut dengan cara yang kurang baik, seperti menempatkan iklan yang mengganggu, sehingga berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung.

Hal itulah yang membuat pengunjung menyadari bahwa iklan yang tampil selalu menyesatkan dan mengganggu pengalaman di internet. Namun sekali lagi saya terangkan, bahwa hal tersebut hanya terjadi di suatu website saja, alias tidak semuanya.

Dan ketahui pula bahwa memblokir iklan merupakan HAK setiap pengguna di internet. Jadi tak ada larangan meski kamu ingin mengaktifkannya ataupun menonaktifkannya, itu terserah kamu, karena tak ada paksaan sama sekali oleh pihak manapun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.