Cara Mendapatkan Kode Pemulihan Akun Facebook

Cara Mendapatkan Kode Pemulihan Akun Facebook

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Facebook kan? Sosial media yang satu ini bisa membuat kita tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Keamanan yang ditawarkan sangat ketat, salah satunya adalah autentikasi dua faktor, itu merupakan fitur yang dapat memperkuat keamanan akun supaya tidak mudah dimasuki oleh orang lain.

Saat mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor, pengguna akan diberikan semacam kode pemulihan atau cadangan yang dapat digunakan sebagai pengganti apabila sekiranya ponsel rusak atau hilang. Kode pemulihan itu sangat penting untuk disimpan secara terpisah, misalnya di flashdisk untuk mengamankan akun.

Apa itu Kode Pemulihan pada Facebook?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mendapatkan kode itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dari recovery code (kode pemulihan) tersebut.

Jadi, kode pemulihan ini adalah kode unik yang hanya bisa digunakan satu kali untuk mengakses akun Facebook kamu. Kode ini dibuat untuk memberikan opsi alternatif bagi pengguna yang tidak bisa mengakses perangkat yang memiliki aplikasi autentikasi yang biasanya digunakan untuk mengakses akun Facebook.

Facebook memberikan beberapa kode pemulihan yang harus kamu simpan pada tempat aman, entah itu ditulis di buku, atau flashdisk yang sekiranya tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Ibaratnya ini semacam sandi tambahan. Jadi meski orang lain mengetahui password kamu, mereka tidak akan bisa masuk tanpa menggunakan kode autentikasi atau kode pemulihan.

Tutorial Mendapatkan Kode Pemulihan di Facebook

Saya yakin kamu sudah mengerti terhadap makna dari kode pemulihan ini, jadi silakan ikuti langkah-langkah mendapatkannya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Menuju ke Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Facebook

  3. Dan ketuk menu Pusat Akun.

    Ketuk Menu Pusat Akun

  4. Lalu pilih menu Kata Sandi dan Keamanan.

    Pilih Menu Kata Sandi dan Keamanan

  5. Setelah itu ketuk Autentikasi Dua Faktor.

    Ketuk Menu Autentikasi Dua Faktor

  6. Selanjutnya pilih Akun Facebooknya dan ketikkan sandinya.
  7. Apabila sudah, ketuk menu Metode Tambahan.

    Ketuk Menu Metode Tambahan

  8. Dan pada akhirnya pilih opsi Kode Pemulihan.

    Mendapatkan Kode Pemulihan Akun Facebook

  9. Sekarang kode pemulihan akan muncul, kamu juga diberi opsi untuk membuat ulang kode tersebut apabila dirasa kurang aman atau ada orang yang melihat. Dan pastikan kamu menyimpan semua kode yang tampil di sana, sebab sekali lagi bahwa satu kode itu hanya bisa dipakai untuk satu penggunaan saja.

    Tutorial di atas saya terapkan langsung melalui aplikasi Facebook di ponsel. Dan pada saat menuju menu Autentikasi Dua Faktor di pengaturan, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi, hal tersebut memang diperlukan demi keamanan akun.

    Baca juga: Solusi Tidak Bisa Menerima Kode OTP dari Facebook

    Kesimpulan

    Kode pemulihan merupakan kode unik yang sangat penting untuk disimpan ketika mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor. Karena kode inilah yang akan menyelamatkan akun Facebook kamu ketika ponsel tiba-tiba rusak atau mungkin hilang sehingga tidak ada akses ke aplikasi autentikasi lagi.

    Apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan langsung untuk berkomentar.

    Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *