Cara Memblokir Semua Iklan di Android Menggunakan Ad Block

Cara Memblokir Semua Iklan di Android Menggunakan Ad Block

Sudah bosan dengan iklan yang mengganggu saat sedang seru-serunya memakai ponsel? Jangan khawatir, karena ada kok solusinya. Kamu bisa memblokir semua iklan di Android dengan mudah menggunakan aplikasi bernama Ad Blocker. Tapi sebelum langsung memasangnya, simak dulu penjelasannya mulai dari sini.

Kita semua tahu bahwa sebagian iklan yang muncul di ponsel sering kali mengganggu dan menguras kuota internet. Nah dengan menggunakan aplikasi Ad Blocker ini, kamu bisa menikmati pengalaman menggunakan ponsel Android tanpa gangguan iklan sedikit pun, baik itu gambar atau bahkan video. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, lakukan langkah-langkahnya di bawah ini.

Pasang Aplikasi Ad Blocker

Aplikasi tersebut dapat kamu download dan pasang melalui Play Store. Ukuran aplikasinya tidak terlalu besar dan juga ringan untuk digunakan meski pada Android dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Memasang Aplikasi Ad Blocker di Play Store

Fungsi dari aplikasi ini adalah memblokir setiap host penyedia iklan, jadi aplikasi Ad Blocker akan bertindak sebagai VPN dan kemudian ketika sudah terhubung, maka seluruh iklan pada ponsel akan ditiadakan, itu karena berbagai host iklan telah diblokir sehingga tidak akan bisa muncul.

Mengaktifkan Fitur Pemblokir Iklan

Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, pada saat pertama kali membuka aplikasi, terdapat proses unduhan tambahan yang hanya terjadi satu kali saja dan setelah itu aplikasi Ad Blocker akan terbuka dan dapat langsung diaktifkan dengan cara menekan tombol Start.

Mengaktifkan Fitur Pemblokir Iklan di Android

Perizinan VPN akan muncul pada layar, silakan untuk disetujui dan setelah itu Ad Blocker akan berhasil terhubung. Kini kamu bebas membuka aplikasi atau website apapun dan segala iklan yang dikenali pastinya tidak akan muncul mulai sekarang.

Solusi Ad Blocker Tidak Berfungsi

Hal ini rata-rata disebabkan karena sistem ponsel sedang mengaktifkan fitur DNS Pribadi yang mana itu akan membuat pemblokir host menjadi tidak berguna sama sekali. Maka dari itu, solusinya adalah dengan menonaktifkan terlebih dahulu DNS Pribadi pada ponselnya.

Setiap ponsel memiliki menu yang berbeda-beda, akan tetapi fitur DNS Pribadi kebanyakan berada di bagian Pengaturan Jaringan. Silakan dicari atau apabila kesulitan silakan cari di Google sesuai merk ponsel masing-masing.

Setelah DNS Pribadi sudah dinonaktifkan, cobalah untuk mengaktifkan kembali aplikasi Ad Blocker dan cek hasilnya dengan mengunjungi website atau membuka aplikasi yang sekiranya terdapat iklan di dalamnya.

Menghentikan Ad Blocker

Aplikasi ini tak cuma bekerja layaknya sebagai VPN saja, akan tetapi berjalan pada proses latar belakang dan menampilkan sesuatu pada notifikasi. Secara umum untuk menonaktifkannya, kamu bisa membuka aplikasinya dan menekan opsi Blocking.

Menghentikan Ad Blocker di Android

Tetapi jika ingin menghentikan aplikasi ini 100% supaya tidak muncul pada notifikasi, maka silakan buka Pengaturan > Aplikasi > Ad Blocker, dan pilih opsi Paksa Berhenti. Dan setelah itu pastinya aplikasi ini akan berhenti sepenuhnya dan tidak menampilkan apapun pada notifikasi.

Memilih Opsi Paksa Berhenti pada Aplikasi di Android

Mungkin jika aplikasi Ad Blocker memberikan opsi untuk menonaktifkan tampilan yang muncul di notifikasi, itu akan lebih bagus lagi. Sayangnya saat artikel ini dibuat, fitur tersebut masih belum ada.

Baca juga: Cara Mudah Memblokir Iklan di Aplikasi dengan DNS

Kesimpulan

Menggunakan aplikasi Ad Blocker dapat memblokir iklan sepenuhnya pada ponsel guna untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat memakai ponsel. Namun perlu diperhatikan bahwa memblokir iklan sebenarnya bukanlah hal yang bagus mengingat itu sama saja seperti kita tidak menghargai upaya developer atau creator.

Secara keseluruhan, sudah ada dua metode yang pernah saya bagikan di Blog Second tentang cara memblokir iklan di ponsel. Yang pertama adalah menggunakan teknologi DNS, dan yang kedua adalah memakai aplikasi Ad Blocker ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *