Serba Serbi Trik Scammer di Growtopia dan Cara Menghindarinya

Serba Serbi Trik Scammer di Growtopia dan Cara Menghindarinya

Layaknya di kehidupan, selalu ada tokoh baik dan buruk dan semuanya tidak sempurna alias memiliki kekurangan masing-masing. Begitu pula di game Growtopia, tidak ada yang sempurna dan sifat player di dalamnya berbeda-beda. Dan salah satu kejahatan yang sering ditemui di dalam game tersebut adalah player yang menipu atau istilahnya scammer.

Player scammer memiliki sudut pandang tersendiri, di mana tujuannya adalah merebut apa yang dimiliki oleh player lain dengan caranya yang licik. Walaupun memang benar ini hanya sebatas game, akan tetapi perbuatan semacam itu tidak sepatutnya untuk dilakukan karena memungkinkan juga dapat berpengaruh di kehidupan nyata nantinya.

Ada beberapa jenis trik yang diterapkan oleh player penipu di Growtopia, dan di artikel ini akan saya jelaskan beberapa dari itu yang sangat populer terjadi belakangan ini. Dengan begitu kita bisa mengetahuinya dan mencegah sampai tertipu terhadap trik semacam ini.

Beberapa Jenis Trik Scammer di Growtopia

1. Manipulasi Saat Trading

Growtopia menyediakan fitur trade terhadap sesama player untuk proses transaksi yang aman. Dibandingkan melakukan drop barang untuk menjualnya, justru melakukan trade lebih disarankan. Namun beberapa player penipu selalu saja memiliki cara unik untuk memanipulasi.

Salah satunya adalah mengubah value WL atau DL menjadi lebih rendah namun tampak sama. Contohnya begini, player A menjual item seharga 3050 WL, dan player B meminta dengan cepat akan membelinya dan telah memasukkan 30 DL dan 50 WL. Namun pada akhirnya, value DL diubah menjadi 3 DL tanpa mengubah value WL. Ditambah player B meminta prosesnya dipercepat, hal ini akan mendorong player A untuk menekan tombol konfirmasi dengan cepat supaya itemnya laku tanpa memerhatikan value DL yang diberikan player B.

Jadi bisa disimpulkan, player A kurang teliti pada saat mengecek harga yang diberikan player B saat membeli itemnya. Dan hal ini juga bisa menjadi kebalikannya, di mana penjual bisa saja menipu dengan item yang tidak sesuai.

Jadi pada saat konfirmasi trade, pastikan kamu mengecek secara teliti ya. Tak masalah meski pembeli meminta cepat, karena proses trade rata-rata hanya berlangsung setengah menit saja dan tidak sampai 1 jam.

2. Drop Game

Drop Game adalah jenis permainan yang bisa dikatakan ilegal dan tidak masuk akal sama sekali. Permainan ini melibatkan 2 player secara minimal, di mana satu player (A) menjadi host yang mengadakan, dan satunya (B) menjadi target korban.

Player A akan meng-iming-iming player B dengan hadiah berupa item mahal atau DL yang disiapkan apabila player A mulai meng-drop WL/DL. Sekali lagi bahwa permainan ini akan merujuk pada proses manipulasi pikiran, di mana player B memungkinkan akan memenangkan item atau WL pada awalnya, hingga pada akhirnya player A mulai menaikkan prize atau hadiahnya.

Ini akan mendorong player B untuk meng-drop WL atau DL lebih tinggi, hingga pada akhirnya ketika ia telah melakukannya, tidak ada satu detik player B akan di /kick atau /pull oleh player A sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan WL/DL-nya kembali.

Drop Game di Growtopia

Sangat tidak masuk akal bukan? Maka dari itu, hindari drop game apabila ada player lain yang menawarimu. Jangan terkecoh terhadap apa yang ia tawarkan, meskipun ia membagikan WL di jalan sekalipun.

3. Membeli Item/Set Secara Dropped

Lagi-lagi tentang trik manipulasi, bedanya ini ditujukan ke player yang katakanlah awam dan belum lama bermain Growtopia. Misalnya player A memiliki item atau set dengan harga yang lumayan mahal, misalnya saja rift cape, nah player B ingin membeli set seluruh player tersebut, termasuk item head, chest, back, clothes, hingga feet. Namun sehubungan fitur trade tidak cukup untuk membeli semua set itu, maka player B mengajak player A ke world tertentu.

Nah di world inilah proses manipulasi berlangsung. Segala bentuk bincang-bincang akan terjadi yang bertujuan untuk membuat player A meng-drop seluruh item di badannya. Walaupun player A memiliki akses World Lock, akan tetapi player B akan berusaha keras untuk mendapatkan cara supaya bisa mengambil item yang di drop tersebut, salah satunya adalah dengan meminta akses World Lock.

Anggap saja player A yang mengunci worldnya, dan telah memberi akses ke player B, namun player B terus membahas hal-hal yang menyimpang dari topik untuk membuat player A tidak menyadari bahwa tadinya sudah memberi akses WL ke dia.

Membeli Item atau Set Secara Dropped di Growtopia

Di sinilah triknya, di mana ketika player A sudah tidak sadar atau paling tidak diminta berjauhan dari itemnya, maka player B akan melempar item consumables berupa Psychotic Bunny dan meng-accept akses World Lock dan mulai mengambil item yang di drop oleh player A.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Psychotic Bunny merupakan item yang dapat melakukan kill terhadap player di world yang boleh menggunakan item consumables.

4. Meminta Akses World Lock

Hampir sama seperti poin ke tiga, di mana misalnya player A yang ingin menjual sesuatu (sebagai contoh adalah Gems) kemudian player B yang berniat untuk menipu menginginkan akses World Lock dari player A dengan alasan “mengecek world, merender, atau hal lainnya yang tidak masuk akal”.

Jika player A menjual Gems, memungkinkan target player B adalah mendapatkan Growscan yang dimiliki player A. Ia tidak bisa mendapatkannya tanpa ada akses World Lock. Maka dari itu, player B berupaya terus-menerus untuk bisa mendapatkan perhatian player A dengan percakapan yang seolah membuat player A percaya dan memberi akses ke World Locknya.

Meminta Akses World Lock di Growtopia

Apalagi jika player B membawa teman dan player A memberi akses terhadap keduanya, maka player B akan berusaha keras untuk memanipulasi player A supaya ia tidak sadar jika masih ada akses yang belum di-accept pada akunnya atau akun temannya. Hingga pada akhirnya player A meninggalkan world, maka player B bisa dengan mudah mendapatkan item yang ada di world tersebut.

Skenario ini bisa berbeda-beda, namun player B yang hendak menipu sepastinya selalu ingin mendapatkan akses ke World Lock secara terus-menerus.

5. Cloning GrowID Nyaris Sama

Yang ke-lima masih seputar jual menjual di suatu world. Bedanya ini biasanya melibatkan yang namanya MidMan (MM). Namun tujuannya bukan untuk mengelabui pembeli, melainkan untuk mengelabui MM tersebut.

Contohnya begini, kamu membeli jasa MM di suatu world untuk menjual Gems karena kondisinya tidak memiliki Growscan. Nah yang akan bertransaksi nantinya adalah MM dengan buyer Gems tersebut. Tak lama setelah transaksi selesai, seseorang membuat akun clone yang mirip dengan GrowID pengguna yang membeli jasa MM itu. Dan tujuannya adalah mendapatkan hasil penjualan dari transaksi MM dengan buyer.

Di sini kesadaran MM yang harus dipertimbangkan. Jika ia benar-benar teliti terhadap seseorang yang membeli jasanya, baik itu dari segi SET, LEVEL, GUILD, dan sebagainya, maka ia tahu betul harus memberikan hasil penjualan itu ke siapa.

6. Pintu atau Checkpoint Tersembunyi

Lag-lagi tentang penjualan item yang berada di suatu world khusus, namun kali ini penjual yang justru menipu sang pembeli. Caranya adalah menempatkan checkpoint tersembunyi, entah itu ditutupi background atau barangkali di pasang di bagian atas yang membuat ia turun terjun ke letak item itu berada.

Sedangkan jika menempatkan pintu tersembunyi, rata-rata ini melibatkan dua akun. Jadi ketika transaksi selesai, akun satunya akan langsung masuk melewati pintu tersembunyi itu dan mengambil item yang di drop.

Walau memang di Growtopia pengambilan kunci World tidak bisa dilakukan ketika terdapat item yang floating atau di-drop tanpa diberi block. Namun terdapat satu item yang sangat beresiko, yaitu Highly Combustible Box.

Highly Combustible Box

Item tersebut memiliki kegunaan yang nyaris sama seperti Treasure Chest, tetapi bedanya bisa dibakar menggunakan item Pocket Lighter secara publik, jadi ketika dibakar, api akan muncul dan harus dipadamkan dengan Fire Hose dan setelah itu penipu akan mengambil item yang ada di dalamnya.

7. Vend Scam

Selanjutnya adalah penipuan berkedok harga murah di vend. Rata-rata trik semacam ini menerapkan super broadcast untuk mengumpulkan banyak player ke dalam world tersebut. Hingga ketika sudah terkumpul banyak, owner dari world scam tersebut akan mengubah harga yang ada di vend menjadi sangat murah.

World juga dipasang royal lock dan menerapkan mute terhadap seluruh player yang ada di dalamnya, sehingga tidak ada satu player pun yang dapat memberitahu bahwa itu adalah percobaan scam yang dilakukan oleh owner.

Dengan iming-iming pada awal kali owner mengubah harga di vend menjadi sangat murah, tentunya akan membuat sebagian player untuk sesegera mungkin membeli item tersebut. Tapi bagian tak terduga adalah ketika owner membuka gate dan membuat seluruh player yang ada di world menuju ke suatu portal.

Dalam posisi seluruh player melewati portal, owner dengan cepat mengubah harga item itu menjadi sangat mahal dengan tujuan sebagian player yang melewati portal itu sesegera mungkin membeli item di vend tanpa harus mengecek kembali harganya.

Pencegahan

Dari ke-tujuh jenis trik scammer di atas, satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah KESADARAN. Selama kita sadar apa yang kita lihat dan lakukan, maka kita tidak akan bisa termanipulasi oleh scammer.

Proses trade terdapat konfirmasi, ini sudah bisa meminimalisir terjadinya penipuan akibat harga yang dimanipulasi seperti poin pertama. Lalu jika bertransaksi di suatu World, pastikan untuk menggunakan jasa MM karena rata-rata mereka memiliki Growscan yang dapat mengecek keseluruhan isi world tersebut untuk mengamankan buyer maupun seller.

Dan untuk jasa MM sendiri juga harus sadar mana buyer yang membeli jasanya, bertukar nomor WA justru lebih disarankan supaya tidak sampai salah dalam memberikan hasil penjualan ke akun clone.

Baca juga: Ini Dia Alat untuk Design World di Growtopia

Kesimpulan

Berbagai cara diterapkan oleh player scammer di Growtopia hanya untuk merebut sesuatu dari player lain. Tapi intinya hal ini bisa dihindari dengan menerapkan pencegahan sesuai yang telah dijelaskan di atas tadi. Dengan begitu kita bisa bermain game ini dengan aman dan damai.

Jika sekiranya kamu ingin berbagi cerita tentang pengalaman di-scam oleh player lain, atau mungkin jenis scam yang lainnya, maka boleh-boleh saja untuk membagikannya di komentar untuk membantu pengguna lainnya supaya tetap waspada terhadap trik semacam itu.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *