Solusi Website Lambat Setelah Ditambahkan ke Cloudflare

Pada dasarnya Cloudflare merupakan situs web yang didesain untuk mempercepat situs web dengan cara mem-proxy dari server jauh supaya lebih cepat diakses melalui server dari negara terdekat. Namun ternyata masih ada beberapa orang yang mengalami masalah dimana situsnya menjadi lambat ketika setelah ditambahkan ke Cloudflare. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Hal ini juga pernah terjadi di website saya sendiri. Namun syukurnya itu sudah teratasi dengan beberapa tindakan yang saya lakukan. Yang penting, kamu tidak tidak perlu cemas apabila masalah ini menghampirimu, karena selalu ada solusi dalam setiap masalah.

Mengatasi Website Lambat Setelah Ditambahkan ke Cloudflare

Tidak banyak tindakan yang harus dilakukan, kurang lebihnya ada tiga solusi yang akan saya bagikan, dan semua itu sesuai dari pengalaman saya sendiri. Selain itu, beberapa solusi ini tidak melibatkan layanan dukungan Cloudflare, mengingat kebanyakan orang menggunakan Cloudflare secara gratis, sehingga dukungannya terbatas tidak termasuk kendala semacam ini.

1. Matikan Sementara Proxy dari Cloudflare ke Website

Solusi utama yang harus kamu lakukan adalah mematikan Proxy terhadap website melalui DNS A Record melalui Cloudflare. Dengan begitu kamu dapat mengetahui letak kesalahannya berdasarkan Cloudflare atau justru server website yang digunakan.

Untuk mematikan proxynya, silakan menuju Dashboard Cloudflare > pilih websitenya > klik menu DNS > Dan di bagian A Record, silakan matikan opsi Proxied, lalu tekan tombol Save untuk menerapkannya.

Mematikan Proxy Cloudflare

Setelah mematikan proxynya, tunggu sekitar 10 menit sampai DNS diperbarui. Kemudian coba kunjungi website melalui beberapa browser berbeda untuk memastikan. Jika website masih tidak bisa diakses, itu tandanya masalahnya berada di sisi servernya.

Sedangkan jika websitenya lancar, cobalah untuk mengaktifkan kembali Proxy Cloudflare. Lalu tunggu lagi 5 sampai 10 menit dan kunjungi websitenya. Jika website masih tidak bisa diakses, itu berarti kendalanya dari sisi Cloudflare, sehingga yang harus kamu lakukan adalah mematikan lagi proxynya sampai kendala ini diatasi sendiri oleh pihak Cloudflare.

2. Kenali Error Berdasarkan HTTP Request

Solusi kedua adalah mengecek status HTTP respon pada website. Karena bisa saja masalah ini bukan disebabkan dari sisi server atau Cloudflare, melainkan karena kesalahan dari website kamu sendiri, contohnya salah dalam mengatur .htaccess.

Saya menyarankan untuk menggunakan situs web Check-Host.net yang mana dapat mengecek langsung respon website dari berbagai negara secara realtime. Karena secara normal ketika Cloudflare yang mengalami kendala, maka responnya adalah Error Timeout. Sedangkan jika dari sisi server yang mengalami kendala, maka responnya adalah 502 Host Error.

Jika masalahnya memang dari server, maka kamu dapat mengkonsultasikan kepada penyedia server terkait kendala ini. Tentunya mereka akan membantu kamu mengtasi kendalanya, bahkan meski masalahnya disebabkan dari file .htaccess, sepatutnya mereka dapat membantu kamu mengatasi masalah ini.

Berbeda lagi jika masalahnya memang dari sisi Cloudflare, maka sekali lagi kamu hanya perlu menunggu saja setidaknya 1 jam sampai masalah ini normal dengan sendirinya. Setidaknya bukan kamu saja yang mengalami masalahnya, jadi tidak perlu panik.

3. Membuat Thread Terkait Masalahnya di Forum Cloudflare

Seperti yang saya katakan di atas tadi, bahwa Cloudflare tidak memberikan dukungan khusus terkait masalah sejenis ini terhadap pengguna paket gratis, namun mereka memberikan opsi lain, yaitu forum untuk menanyakan langsung ke pengguna lain dan juga Tim Cloudflare yang nantinya akan disampaikan ke pihak Technical apabila masalahnya terbukti valid.

Jadi silakan menuju halaman Cloudflare Community, lalu masuk ke akun dan langsung saja mebuat topik atau thread baru terkait kendalanya. Nantinya pengguna lain dan juga Tim Cloudflare akan merespon.

Dari beberapa issue yang saya temukan, masalah ini memang bisa saja terjadi dari sisi Cloudflare, contohnya terjadi CPU tinggi di sebagian server yang dipakai untuk mem-proxy websitenya, sehingga loadingnya menjadi lambat.

Segala himbauan dari Tim Clouflare melalui forum sebaiknya diikuti supaya masalahnya cepat selesai.

Baca juga: Penjelasan Mode SSL/TLS (HTTPS) di Cloudflare

Kesimpulan

Masalah pada Cloudflare memang bisa terjadi kepada siapa saja, namun ketahuilah bahwa misi Cloudflare ini juga dlam mempercepat website. Jadi apabila layanannya justru membuat website menjadi lambat, saya rasa pihak mereka akan berupaya sebaik-baiknya untuk mengatasi kendala yang sama.

Dan jangan lupakan terhadap server yang digunakan, karena masalah sejenis ini bisa saja disebabkan dari server websitenya. Maka dari itu solusi ke-satu dan ke-dua tidak boleh sampai dilewatkan.

Cukup sekian dari artikel ini, jika kamu memiliki pengalaman yang sama terhadap masalah sejenis ini dan telah berhasil diatasi, boleh kok untuk membagikannya di kolom komentar, guna untuk membantu pengguna lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *