Cara Transfer Aplikasi Heroku ke Akun Lain

Cara Transfer Aplikasi Heroku ke Akun Lain

Heroku menyediakan akses gratis untuk pembuatan aplikasi dengan berbagai macam bahasa pemrograman. Setiap pengguna diberikan 550 jam dyno gratis untuk masa aktif aplikasi. Itu setara 22 hari apabila aplikasi berjalan dalam waktu 24 jam.

Bagi beberapa orang, total dyno sebanyak itu masih terbilang kurang, karena tidak penuh untuk 30 hari. Apalagi jika memakai lebih dari satu aplikasi, tentunya waktu dyno akan lebih cepat terkuras. Tapi hal ini dapat diatasi dengan cara men-transfer aplikasi tersebut ke akun lain supaya aplikasinya dapat berjalan kembali.

Heroku menyediakan opsi untuk melakukan transfer kepemilikan aplikasi. Sehingga ketika pemilik telah berganti, tentunya dyno yang digunakan adalah akun pemilik yang baru. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk membuat aplikasinya terus berjalan dan tak terbatas dengan waktu dyno lagi.

Men-Transfer Aplikasi Heroku ke Akun Lain

Berikut ini langkah-langkah untuk men-transfer kepemilikan aplikasi di Heroku ke akun lain:

  1. Masuk ke Heroku dan klik aplikasi yang akan di transfer.
  2. Kemudian klik menu Access.

    Klik Menu Access

  3. Dan klik tombol Add collaborator.

    Menambah Collaborator di Heroku

  4. Selanjutnya isikan alamat email akun yang ingin dijadikan pemilik baru nantinya.

    Mengisi Alamat Email Akun Heroku yang Lain

  5. Apabila sudah ditambahkan, silakan menuju menu Settings.

    Menuju Settings

  6. Gulir kebawah sampai bagian Transfer Ownership, dan silakan pilih alamat email yang ditambahkan tadi.

    Transfer Aplikasi Heroku ke Akun Lain

  7. Klik tombol Transfer App.
  8. Jika sudah, silakan buka akun satunya, dan klik pada aplikasinya. Setelah itu klik tombol Accept pada notif yang muncul.

    Menyetujui Perpindahan Kepemilikan Aplikasi Heroku

  9. Selesai, kini kepemilikan aplikasi telah berhasil berpindah.

Secara keseluruhan, kamu hanya perlu menjadikan akun satunya sebagai collaborator terlebih dahulu supaya nantinya bisa di-transfer kesana. Pada dasarnya fitur ini lebih dicocokkan untuk penggunaan tim pada aplikasi untuk pengelolaan yang lebih mudah. Akan tetapi beberapa orang memakainya untuk mereset waktu dyno supaya aplikasi dapat aktif tiada henti.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Cloudflare untuk Website

Apakah Heroku Mengizinkan Akun Ganda?

Dari ketentuan yang saya baca pada website Heroku berdasarkan tanggal artikel ini dibuat, tak ada teks yang mengindikasikan bahwa penggunaan akun ganda dilarang. Jadi setiap orang boleh memiliki akun ganda selama aplikasi yang dibuat tidak melanggar ketentuan.

Sampai saat ini tidak ada kasus yang menyebabkan akun ter-ban akibat memindah terus-menerus kepemilikan aplikasi ke akun lain demi mendapatkan waktu dyno, namun saya tidak menjamin hal ini akan aman secara permanen, karena kedepannya Heroku mungkin memiliki perubahan terhadap ketentuan yang berlaku.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.